' PJU Di Purwakarta Akan Diganti Lampu Lampion - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » PJU Di Purwakarta Akan Diganti Lampu Lampion

PJU Di Purwakarta Akan Diganti Lampu Lampion

Written By dodi on Tuesday, July 24, 2012 | 8:00 AM

KAB.PURWAKARTA (LJ) – Karena memiliki nilai estetika dan untuk menghemat penggunaan listrik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, akan mengganti lampu penerangan jalan umum (PJU) yang ada dengan lampu lampion. Bahkan rencananya, sebanyak 1.000 lampion akan segera disebar untuk menggantikan 50 titik PJU yang ada di wilayah perkotaan dan pedesaan.

“Saat ini pemasangan lampu lampion masih terkonsentrasi di wilayah perkotaan yakni disepanjang Jalan Sudirman dan Jalan Kolonel Kornel Singawinata,” jelas Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi SH, kepada LINGKAR JABAR, Senin (23/7) kemarin, berkaitan dengan pemasangan lampu lampion di sepanjang jalan perkotaan diwilayah Kabupaten Purwakarta.

Dikatakan, awalnya di wilayah perkotaan Purwakarta akan menggunakan lampu PJU dengan tenaga energi surya (solar cell-red) dan tidak menggunakan lampu mercury dengan tenaga listrik. Namun setelah dipertimbangkan, pihaknya memilih penerangan jalan dengan menggunakan lampion. Disamping hemat energy juga memiliki nilai estetika.

"Pada malam hari Kota Purwakarta, akan terlihat lebih indah dengan pancaran cahaya dari lampu lampion tersebut. Sedangkan bentuk dari lampu lampion sendiri, ada yang berbentuk hati dan juga berbentuk bubu yang terbuat dari anyaman bambu. Untuk kedepannya, lampion-lampion itu akan disesuaikan dengan karakter Purwakarta," ujarnya.

Pemasangan lampu lampion ini, lanjut dia, semula hanya akan dipasang di wilayah perkotaan saja. Namun setelah melalui pertimbangan, maka kedepannya diarahkan di setiap desa juga menggunakan lampu lampion karena hemat energy karena setiap lampu lampion hanya membutuhkan 5 sampai 10 watt saja.

"Setiap PJU, itu membutuhkan sekitar 200 sampai 500 watt. Dengan menggunakan lampu lampion, sudah jelas sangat menghemat energy meskipun setiap titik PJU berbanding dengan 20 titik lampu lampion. Sementara PJU yang ada di perkotaan, akan dialih fungsikan ke wilayah pedesaan," tuturnya.

Berbeda dengan Bupati Dedi Mulyadi, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Purwakarta H Ruslan Subanda SH beberapa waktu lalu justru tengah terkonsentrasi dan memprioritaskan PJU di wilayah perkotaan akan diganti dengan PJU tenaga surya atau yang dikenal dengan solar cell.

Bahkan, DKP membutuhkan 400 titik PJU solar cell yang akan dipasang di ruas jalan kabupaten yang baru di hotmix dan ruas jalan yang baru di beton. Untuk memenuhi kebutuhan ini, diperlukan anggaran sebesar Rp.10,3 miliar, diantaranya Rp.9,5 miliar untuk PJU dan sisanya Rp.800 juta untuk PJU yang menggunakan energy listrik.

"Untuk pengadaan PJU solar cell tersebut, masih dalam proses tender dan diperkirakan akan terpasang pada Agustus 2012 mendatang. Dari 400 titik yang diusulkan itu, sebanyak 187 titik di antaranya akan menggunakan tenaga surya (solar cell) dan sisanya 203 titik lagi akan menggunakan energi listrik," imbuhnya.

Ditambahkan dia, pada umumnya kondisi PJU di wilayah Purwakarta dalam kondisi baik. Namun di pedesaan, banyak titik-titik yang belum memiliki PJU. "Padahal kondisi jalannya, sudah diperbaiki. Karenanya, Pemkab Purwakarta melalui APBD provinsi dan kabupaten berupaya menambah fasilitas umum yakni pengadaan penerangan jalan," pungkasnya. YAS

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger