' Pertanian di Bekasi Butuh Perhatian Serius - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Pertanian di Bekasi Butuh Perhatian Serius

Pertanian di Bekasi Butuh Perhatian Serius

Written By dodi on Tuesday, July 10, 2012 | 10:59 AM

KAB BEKASI (LJ) – Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Bekasi, Nurohman Kosim menilai, wilayah yang memiliki tujuh kawasan industry ini masih memiliki keunggulan dibidang pertanian dan memiliki banyak potensi unggulan yang berkaitan dengan kedaulatan pangan. “Wilayah Bekasi bagian utara yang merupakan basis pertanian patut diberikan perhatian lebih. Jika ini terwujud tentu bisa menjadi pintu masuk untuk memperkuat daya saing produk local,” ujarnya, Senin (9/7).

Menurut dia, kondisi ini didukung dari modal bawaan berupa kekayaan alam. Hanya saja, tidak banyak pengembangan yang dilakukan untuk mengoptimalkan sumber daya tersebut. Padahal sisi lain, seperti teknologi pertanian misalnya, bisa jadi pintu untuk memperkuat daya saing produk pangan.

“Hanya perlu sentuhan sedikit saja pertanian di Kabupaten Bekasi akan mengalami kemajuan. Sebab selain didukung lahan yang luas juga kesuburan alam di wilayah utara Bekasi,” terang Nurohman.

Kelebihan yang dimiliki sebenarnya bisa membuat berbagai produk hasil pertanian Bekasi unggul di pasaran. Termasuk saat bersaing dengan produk impor yang terus berdatangan ke Indonesia. ”Sudah seharusnya kita memprioritaskan komoditas yang memiliki keunggulan komparatif untuk kemudian menjadi keunggulan kompetitif,” tambahnya.

Peningkatan dari sisi produksi mutlak dilakukan jika ingin tetap bertahan di pasaran. Pasalnya, penerapan regulasi dalam perdagangan untuk melindungi produk lokal sulit untuk dilakukan. Kesepakatan perdagangan bebas dengan sejumlah negara adalah konsekuensi yang harus dihadapi.

”Soal regulasi sebenarnya diperlukan. Tapi kita sudah memiliki komitmen dengan beberapa negara. Kalau kita proteksi, mereka akan membalas,” bebernya.

Nurohman yakin produk pertanian di Bekasi akan terus meningkat. Apalagi jelasnya ia sudah membangun komunikasi dengan pemimpin yang baru untuk memberikan perhatian lebih di sektor ini. Sampai saat ini pertanian masih menjadi andalan bagi sebagian warga di Kabupaten Bekasi. ”Saya yakin sektor pertanian ini akan lebih baik lagi untuk kedepannya. Apalagi lahan untuk pertanian juga masih cukup luas,”tukasnya. RBH
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger