' PERTAHANKAN PANDAN WANGI Pemkab Bertekad Beli Lahan Pertanian - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » PERTAHANKAN PANDAN WANGI Pemkab Bertekad Beli Lahan Pertanian

PERTAHANKAN PANDAN WANGI Pemkab Bertekad Beli Lahan Pertanian

Written By dodi on Tuesday, July 10, 2012 | 10:30 AM

BUPATI Cianjur, H Tjetjep Muchtar Soleh berkomitmen untuk mempertahankan areal sawah yang ada. Khususnya di wilayah Warungkondang. Hal itu agar budidaya beras pandanwangi tetap bisa dipertahankan sebagai produk asli dari Kabupaten Cianjur. Soalnya di luar Warungkondang, padi Pandanwangi jika ditanam hasilnya tidak sama.

"Konsep ke depan, bahwa areal yang ada di Warungkondang ini akan tetap dipertahankan. Atau paling tidak, nanti akan dibeli oleh pemerintah. Sebab kalau tidak dibeli oleh pemerintah, lahan pertanian untuk pandanwangi ini akan habis," kata Tjetjep kepada LINGKAR JABAR, kemarin.

Menurutnya, sampai saat ini lahan tanah pertanian yang telah dibeli oleh pemerintah, khususnya untuk ditanami Pandanwangi, baru mencapai sekitar 15 hektar. Dengan produksi rata rata per hektar mencapai 6-7 ton. Sedangkan panennya rata-rata dalam satu tahun dua kali. Sementara lahan yang cocok untuk ditanam pandanwangi, menurut Bupati ada sekitar 5.000 hektare.

"Tapi tidak semua ditanami pandanwangi. Soalnya sesuai dengan apa yang disampaikan petani, ternyata pandanwangi itu pertama lama terus dijualnya. Juga rata-rata ditampung oleh para tengkulak, akhirnya mudah didapat," tuturnya.

Menurutnya, dari jumlah lahan yang cocok untuk ditanam pandanwangi di Warungkondang, hanya sekitar 20 persen yang ditanami oleh pandanwangi. "Kalau beberapa jumlah produksi pandanwangi pertahunnya saya tidak hafal. Setahu saya, produksi padi di Cianjur dalam satu tahun mencapai sekitar 675 ribu ton. Hal ini setiap tahunnya meningkat," katanya.

Terkait hal ini, pemerintah menargetkan kabupaten Cianjur sebagai lumbung padi. Maka diharapkan setiap tahunnya produktivitas padi di daerah ini harus meningkat. “Cianjur memasok sekitar 7 persen dari kebutuhan beras nasional untuk beras. Mengenai penyebaran pandanwangi sudah kemana-mana, bahkan saat saya ada di Mekkah pandanwangi juga ada," Ungkap Tjetjep.RUS

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger