' Persib Butuh Playmaker Cerdas Bertenaga - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Persib Butuh Playmaker Cerdas Bertenaga

Persib Butuh Playmaker Cerdas Bertenaga

Written By dodi on Monday, July 16, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG - Meski jadwal kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2012-2013 masih belum dipastikan, rumor bongkar pasang skuad Persib Bandung sudah ramai dibicarakan para pecinta klub besar kebanggaan masyarakat Jawa Barat tersebut. Tak heran, berbagai rumor pemain maupun pelatih mulai ramai dibicarakan. Beberapa nama pemain dan pelatih to mulai digadang-gadang akan membela skuad Persib musim depan. Sebut saja striker Hilton Moreira, Siswanto, Greg Nwokolo dan Pelatih Robert Rene Albert.

Terkait hal itu, mantan pemain dan pelatih Maung Bandung, Risnandar Soendoro memberikan saran kepada manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB). Dia mengatakan, hasil kompetisi ISL 2011/2012 harus menjadi cermin bagi manajemen dalam melakukan perombakan tim, jika tetap mematok target juara. Risnandar menyebut, tidak berkembangnya produktivitas gol Marcio Souza dan kawan-kawan musim ini, disinyalir akibat minimnya kreativitas lini tengah dalam menyuplai bola kepada barisan penyerang.

Ketajaman Miljan Radovic saat ini, sudah mulai menurun. Faktornya adalah, kondisi fisik sudah termakan usia. Dia berharap, manajemen segera mengambil langkah cepat dalam memilih pemain menyongsong kompetisi musim depan.
Dijelaskannya, Persib memasukkan 49 gol sepanjang musim ini. Jelas, itu bukan sebuah prestasi membanggakan. Kendalanya jelas, karena Persib tidak punya playmaker yang lebih bertenaga.

"Radovic bagus. Dia juga salah satu pemain tersubur di Persib. Dia punya kualitas individu yang bagus. Tapi sepak bola itu permainan kolektivitas. Kalau melihat dari permainan tim, kontribusinya kurang. Mungkin karena usianya yang sudah tidak muda lagi. Saran saya, lebih baik manajemen mencari pemain yang lebih muda di posisi playmaker, dengan kualitas yang sama bagusnya dengan Radovic. Tapi memiliki keunggulan fisik," ujar Risnandar kepada wartawan, kemarin.

Secara terpisah, Wakil Gubernur Jabar sekaligus Duta Persib Bandung, Dede Yusuf, menyarankan PT PBB mengontrak para pemainnya seperti yang dilakukan Barcelona terhadap Cesc Fabregas atau seperti klub-klub di Eropa lainnya. Menurutnya, di Barcelona, Fabregas dikontrak dengan durasi jangka panjang. Hal serupa juga dilakukan klub-klub Eropa yang mengontrak pemainnya selama beberapa tahun. Itu berbeda dengan pemain Persib yang hanya dikontrak dengan durasi satu tahun. "Saran saya buat Persib kalau kontrak pemain itu tiga tahun. Jadi dalam tiga tahun up and down pemain itu bisa kelihatan," kata Dede.

Dengan cara seperti itu, para pemain akan punya waktu bersama lebih lama dan kekompakkan lebih terjaga. "Kekompakkan yang terbentuk dalam jangka waktu lama itu penting," tuturnya seraya mencontohkan Fabregas yang main melawan para pemain Indonesia. Di laga tersebut, Fabregas ia lihat tampil biasa-biasa saja. "Kemarin saya lihat Fabregas main, biasa saja. Kenapa? Karena dia main sama orang yang baru dia kenal. Walaupun dia pemain mahal, dia kelimpungan sendiri mainnya karena teman-temannya kemarin bukan level dia atau yang bukan bertahun-tahun main sama dia," jelas Dede.

Ia sendiri tidak menampik jika kontrak jangka panjang cukup berisiko. Sebab pemain yang dikontrak lama belum tentu memperlihatkan kualitas mumpuni. "Kalau selama tiga tahun performanya tidak bagus, kan sama dengan buang-buang duit," cetusnya. Namun ia yakin, pemain yang performanya jelek akan terbawa bagus ketika melihat rekan-rekannya bermain baik. Selain itu, kekompakkan antar para pemain akan lebih terjaga dan ikut jadi penentu kemenangan di lapangan. "Saran saya itu sudah saya sampaikan langsung ke PT PBB. Tapi itu semua terserah pengurus PT PBB," tandas Dede.

Komentar juga datang dari komunitas suporter setia Persib, Viking Frontline, berharap manajemen Persib lebih mendahulukan perekrutan pelatih, sebelum mendatangkan sejumlah pemain top. Menurut ketua Viking Frontline Toby, pelatih lebih tahu pemain mana yang memang benar-benar mempunyai kualitas bagi tim. Selain itu juga, tim lebih solid jika pemain yang direkrut atas dasar keinginan pelatih. “Kalau bisa dahulukan perekrutan pelatih untuk musim depan. Dengan begitu, pelatih bisa memilih siapa saja pemain yang layak bergabung dengan Persib. Saya kira, hal itu sangat penting. Jangan pemain dulu baru ada pelatih,” katanya.

Toby pun tak memungkiri, bila Maung Bandung memang mengalami peningkatan yang baik. Setidaknya itu terlihat saat laga tandang dengan mengemas tiga poin penuh dari Persiram Raja Ampat. Namun untuk menjadi juara, bukanlah diakhir kompetisi. “Peningkatan memang ada, saat tandang kemarin Persib berhasil dengan meraih tiga poin. Namun, untuk menjadi juara tidak melihat di akhir kompetisi. Harus konsisten dari awal kompetisi. Musim ini harus jadi pelajaran, agar musim depan lebih baik lagi,” pungkasnya. CPS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger