' Persib Butuh Pelatih Berkelas - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Persib Butuh Pelatih Berkelas

Persib Butuh Pelatih Berkelas

Written By dodi on Friday, July 20, 2012 | 1:44 PM

BANDUNG - Dalam dua musim kompetisi terakhir, sudah lima kali jajaran manajemen PT PBB mengganti nahkoda tim Persib Bandung karena semuanya gagal memberikan prestasi membanggakan pengurus dan bobotoh Persib. Secara bergantian mulai dari Daniel Darko Janackovic, Jovo Cuckovic, Daniel Roekito, Drago Mamic, dan hingga akhirnya kursi pelatih dikendalikan Robby Darwis dengan bantuan penasihat teknis tim Indra Thohir.

Jelang kompetisi musim depan, nama Robert Rene Albert dan Rahmad Darmawan disebut-sebut sebagai pelatih Persib, dengan harapan tuah keduanya dapat memberikan trofi juara liga musim depan.  Namun, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Umum Muchtar menuturkan, manajemen sudah mengantongi dua nama pelatih asing yang diproyeksikan untuk menukangi Maung Bandung pada kompetisi musim depan.

"Ada-ada, saya sudah mendapatkan calon itu. Kita hanya melakukan pertemuan dengan yang lain, seperti Pak Glenn, Pak Kuswara dan Pak Zaenuri. Ya dua pelatih asing yang tentunya punya kemampuan teknis mengasah tim dengan baik dan pernah mencatat prestasi terbaik dengan tim yang ditukangi sebelumnya," ujar Umuh yang enggan membocorkan nama kedua kandidat pelatih tersebut kepada wartawan, kemarin.

Sementara itu, mantan penyerang andalan Persib era 90-an Sutiono Lamso berharap, jajaran manajemen PT PBB tidak kembali salah pilih dalam menentukan pelatih Maung Bandung di musim mendatang. "Musim depan jangan sampai salah pilih pelatih lagi seperi kemarin. Manajemen harus bisa mencari pelatih yang tepat. Tidak sekedar punya lisensi bagus, seperti Drago Mamic," ujar Sutiono dihubungi wartawan.

Sutiono menilai, pelatih yang tepat bagi Maung Bandung adalah seseorang yang paham akan karakter tim. Pelatih anyar nanti pun harus siap menghadapi tekanan bobotoh yang sudah tak sabar melihat tim kebanggaannya menjadi juara. "Manajemen harus mencari pelatih yang mengerti karakter tim. Jangan salah pilih lagi. Cari pelatih yang sudah tahu iklim sepak bola Indonesia. Soalnya melatih Persib tidak mudah. Banyak faktor yang harus dihadapi, terutama tekanan bobotoh karena mereka sudah terlalu lama menunggu gelar juara. Makanya pelatih baru nanti harus bisa menghadapinya dan memenuhi harapan mereka," tegas Sutiono.

Sutiono juga berpesan agar PT PBB secepatnya menentukan arsitek Maung Bandung untuk kompetisi ISL musim depan sebelum melakukan perburuan atau menentukan pemain. Pasalnya, pemain buruan yang diperoleh Persib sebelum pelatih datang belum tentu masuk dalam skema permainan pelatih yang bersangkutan. "Komposisi tim nantinya harus dipilih oleh pelatih, jangan ada intervensi lagi," imbuhnya.

Terkait itu, Umuh Muchtar pun mengakui pihaknya tidak akan gegabah dalam merekrut calon kandidat pemain yang akan memperkuat Persib musim depan. "Persib ini kan klub besar. Saya lebih hati-hati dalam perekrutan pemain untuk musim depan," kata Umuh. Karena itu, lanjutnya, pihaknya akan terlebih dahulu konsentrasi dalam mencari pelatih terbaik. Dan ini sudah menjadi komitmen dirinya untuk tetap mengambil keputusan tersebut. "Saya fokus dulu ke pelatih, baru nanti mencari pemain-pemainnya siapa. Saya akan komitmen dengan keputusan itu," ucapnya.

Sutiono menambahkan, skuad Persib nanti harus solid dan kompak, sehinga tak perlu dirombak besar-besaran. Sebab untuk dapat merebut trofi liga musim depan, akan didapat melalui sebuah proses panjang kerjasama tim. Menurutnya, untuk ukuran kompetisi di Indonesia, meraih gelar juara melalui cara instan sangatlah berat. "Kalau Persib mau juara, harus butuh waktu. Tim harus dimatangkan. Jangan setiap musim ada perombakan. Membentuk tim secara instan, tidak akan membantu banyak. Lihat saja musim ini, banyak pemain bintang tapi prestasi Persib jeblok," ujarnya.

Sutiono berharap, jelang kompetisi musim depan jajaran manajemen PT PBB tidak lagi salah langkah, demi memperbaiki prestasi Maung Bandung agar tak semakin terpuruk. "Saya harap, ada langkah konkrit dari manajemen dalam memperbaiki tim. Jangan sampai semakin merosot, dari hasil musim kemarin. Kita semua sebagai orang Bandung, berharap yang terbaik untuk Persib," pungkasnya. FER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger