' Pengadilan Agama Cimahi Tingkatkan Kinerja - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Pengadilan Agama Cimahi Tingkatkan Kinerja

Pengadilan Agama Cimahi Tingkatkan Kinerja

Written By dodi on Thursday, July 5, 2012 | 8:00 AM

KAB.BANDUNG.(LJ)-Pengadilan Agama Cimahi mulai tingkatan performancenya meliputi review terhadap tupoksi, dan pemahaman kembali tentang managerial, penguasaan bindalmin sampai dengan aplikasi SIADPA, sehingga performance akan maksimal sesuai dengan tugas dan fungsinya.
    “Pengadilan Agama, yang merupakan Pengadilan Tingkat Pertama bertugas dan berwenang memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara-perkara ditingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam dibidang perkawinan, kewarisan, wasiat dan hibah yang dilakukan berdasarkan hukum Islam, serta wakaf dan shadaqah,” ujar Sekretaris/Panitera Pengadilan Agama Cimahi, Saepuloh, kepada LINGKAR JABAR, di Soreang, Kabupaten Bandung, kemarin.
    Menurutnya, untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Pengadilan Agama mempunyai fungsi, memberikan pelayanan teknis yustisial dan administrasi kepaniteraan bagi perkara tingkat pertama serta penyitaan dan eksekusi, memberikan pelayanan dibidang administrasi perkara banding, kasasi dan peninjauan kembali serta administrasi peradilan lainnya,serta memberikan pelayanan administrasi umum kepada semua unsur di lingkungan Pengadilan Agama.
    "Selanjutnya, memberikan Keterangan, pertimbangan dan nasehat tentang Hukum Islam pada Instansi Pemerintah di daerah hukumnya, apabila diminta sebagaimana diatur dalam Pasal 52 Undang-Undang Nomor 50  Tahun 2010 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 7 tahun 1989 tentang Peradilan Agama, “ katanya. 
    Dalam memberikan pelayanan penyelesaian, lanjut Saepuloh, permohonan pertolongan pembagian harta peninggalan diluar sengketa antara orang-orang yang beragama Islam yang dilakukan berdasarkan hukum Islam sebagaimana diatur dalam Pasal 107 ayat (2) Undang-Undang Nomor 3  Tahun 2006 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 tahun 1989 tentang Peradilan Agama, Waarmerking Akta Keahliwarisan di bawah tangan untuk pengambilan deposito/tabungan, pensiunan dan sebagainya dan Pelaksanakan tugas-tugas pelayanan lainnya seperti penyuluhan hukum, pelaksanaan hisab rukyat, pelayanan riset/penelitian dan sebagainya.
    “Mengenai biaya perkara untuk proses pengadilan kita lakukan secara transparan dan sesuai dengan peraturan yang berlaku,dan apabila ada unsur lainnya yang menarik diatas harga peraturan sebaiknya jangan di sanggupi,” tandasnya. (Fen)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger