' Pendekar se-Bandung Timur Bertekad Kembalikan Kejayaan Silat - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pendekar se-Bandung Timur Bertekad Kembalikan Kejayaan Silat

Pendekar se-Bandung Timur Bertekad Kembalikan Kejayaan Silat

Written By dodi on Wednesday, July 18, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG - Ketua Pencak Silat Putra Kudjang Pajajaran Deden Dinar mengadakan kegiatan Silaturahmi Paguron Pencak Silat se-Bandung Timur dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1433 H di pendopo Kecamatan Ujung Berung, kemarin. Acara ini menjadi istimewa karena selain dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat dan pemerintahan, juga terlihat salah satu sesepuh seni beladiri pencak silat Jawa Barat yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Jabar H.Uu Rukmana.

Deden Dinar--selaku Ketua Panitia Penyelenggara sekaligus pemrakarsa kegiatan tersebut dalam sambutannya mengemukakan, bahwa kegiatan ini sekaligus sebagai penandaan dibukanya kembali pelatihan seni beladiri Pencak silat di Pendopo Kecamatan Ujungberung yang bekerjasama dengan sanggar Reng Kak Katineung yang dipimpin Oleh Sendi Mufti. Deden juga menyambut gembira kehadiran 26 Paguron Pencaksilat yang tersebar di beberapa kecamatan di wilayah Bandung Timur.

Wawan Dapsenbud (Dapur seni Budaya) selaku tokoh muda Seni beladiri Pencak Silat Cibiru mengatakan, bahwa seni beladiri pencak silat sejak pertengahan tahun 1990-an telah menjadi kegiatan Ekstrakulikuler yang diajarkan di sekolah-sekolah dasar di wilayah  kecamatan Cibiru hingga saat ini. Sehingga dari kecamatan Cibiru kerap kali tampil para pesilat tangguh yang mewakili kota Bandung ke ajang nasional dan International.

Camat Ujungberung Drs Taufik mengungkapkan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan mandiri yang bersamaan dengan digelarnya kegiatan Bandung Festival. Dia pun berharap fenomena baik perkembangan beladiri pencak silat yang ada di kecamatan Cibiru bisa ditularkan ke kecamatan-kecamatan lainnya, khususnya kecamatan ujungberung yang pernah menjadi Ikon salah satu tempat lahirnya seni beladiri pencak silat di Bandung Timur.

Seni beladiri pencak silat yang pernah mengalami kejayaan di Bandung timur (yang pada tahun 1937 bernama ujung berung), dari sekitar pertengahan tahun 1950-an s/d tahun 1970-an. Namun seni beladiri ini harus bersaing dengan ilmu beladiri asing yang mulai membanjiri  wilayah Bandung Timur sekitar awal tahun 1970-an.

Enay Darso, Ketua Paguron Pencak Silat ”Pusaka Gelar Putra” berharap dengan adanya pelatihan tersebut bisa  lebih menggiatkan akan kecintaan seni beladiri tradisional Indonesia ini di kalangan generasi muda Ujungberung khususnya, umumnya di wilayah bandung timur. Kegiatan di tutup dengan pagelaran seni Beladiri Pencak Silat dari masing-masing Paguron Pencak silat hingga tengah malam. HER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger