' Pemkot Sukabumi Sediakan Dokter Kandungan di Setiap Puskesmas - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pemkot Sukabumi Sediakan Dokter Kandungan di Setiap Puskesmas

Pemkot Sukabumi Sediakan Dokter Kandungan di Setiap Puskesmas

Written By dodi on Wednesday, July 4, 2012 | 8:00 AM

SUKABUMI - Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi akan menyediakan satu orang dokter spesialis kandungan di setiap pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) setempat. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi atau pencegahan dini terhadap resiko kematian tehadap ibu dan bayinya dalam proses melahirkan.

"Tujuannya untuk menekan angka ibu dan anak meninggal saat proses persalinan, serta meningkatkan kualitas kesehatan di Kota Sukabumi," kata Wali Kota Sukabumi Muslikh Abdussyukur kepada wartawan di Sukabumi, kemarin. Disediakannya dokter ahli kandungan di setiap Puskesmas, kata dia, agar ibu hamil yang diperiksa bisa mengetahui kondisinya beserta anaknya sehingga kesehatannya tetap terjaga dan bisa melahirkan dengan selamat.

Menurut dia, dengan disediakannya dokter spesialis kandungan tersebut, diharapkan angka kematian ibu atau anak pada proses persalinan dapat dikurangi. "Ini merupakan progam kami agar masyarakat Kota Sukabumi angka kesehatannya terus meningkat," tambah Walikota. Selain itu, progam itu juga bertujuan untuk membantu masyarakat tidak mampu yang tidak memiliki biaya untuk memeriksakan kandungannya ke dokter spesialis kandungan.

Namun, walaupun belum seluruh Puskesmas memiliki dokter spesialis kandungan, tetapi sudah ada bidan yang mampu melayani ibu yang memeriksakan kandungannya. "Kami menjamin kesehatan seluruh warga khususnya warga yang tidak mampu dan anggaran yang dikeluarkan untuk peningkatan kesehatan cukup besar dari APBD Kota Sukabumi," katanya.

Selain itu, ditambahkan Muslikh, untuk menunjang progam ini pihaknya juga meningkatkan sarana dan prasarana untuk kesehatan dan sumber daya manusia atau tenaga kesehatan serta penyediaan obat-obatan. "Setiap tahunnya kualitas pelayanan kesehatan terus meningkat, dengan contohnya Kota Sukabumi selalu menjadi ajang daerah lain untuk melakukan studi banding tentang kesehatan," tambahnya.

Demikian pula pelayanan kesehatan untuk warga masyarakat miskin yang menjadi fokus dan perhatian utama, di antaranya melalui program jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas), jaminan kesehatan daerah (Jamkesda), dan jaminan persalinan (Jampersal). HEP
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger