' Pemkot Bekasi Serahkan DP4 Ke KPU Kota Bekasi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Pemkot Bekasi Serahkan DP4 Ke KPU Kota Bekasi

Pemkot Bekasi Serahkan DP4 Ke KPU Kota Bekasi

Written By dodi on Friday, July 20, 2012 | 4:32 PM

KOTA BEKASI (LJ) - Pemerintah Kota Bekasi Jawa Barat, hari ini Kamis 19 Juli 2012 menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilukada (DP4) kepada pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Wali Kota Bekasi di Balai Patriot Pemkot Bekasi. DP4 sendiri disusun oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi, melalui Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK).

Kepala Disdukcapil Kota Bekasi, Mohammad Kosim mengatakan, penyusunan DP4 melibatkan semua pihak saat dilakukan validasi. Baik Camat, Lurah bahkan RT dan RW setempat. “Dari 2.348.213 jiwa penduduk Kota Bekasi, yang masuk dalam DP4 ada 1.750.908,” katanya.

Sementara Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi dalam kesempatan tersebut, meminta maaf karena untuk DP4, Pemkot Bekasi tidak bisa menggunakan data perekaman elektronik KTP. “Untuk e-KTP ternyata mengalami kendala penyelesaian print di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Makanya kita gunakan data dari SIAK,” katanya.

Setelah diserahkan, selanjutnya DP4 menjadi tanggung dari KPU Kota Bekasi. Ketua KPU Kota Bekasi, Tb Hendy Irawan mengatakan, untuk validasi DP4 agar bisa dirubah menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS), pihaknya akan membentuk Petugas Pemutkahiran Data Pemilih (PPDP).

"Setiap satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) setidaknya ada satu PPDP. Mereka nantinya akan mendatangi satu persatu pemilih, dan rumah yang sudah didatangi akan dipasang stiker,” katanya. Di Pilkada Kota Bekasi diperkirakan jumlah TPS 3.474.
Setelah menjadi DPS, KPU Kota Bekasi akan kembali melakukan validasi, sebelum diumumkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT), sebelum masa pemilihan dilakukan pada 16 Desember 2012 mendatang.ARS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger