' Pemkab Sukabumi Harus Tindak Tegas Tower BTS Ilegal - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pemkab Sukabumi Harus Tindak Tegas Tower BTS Ilegal

Pemkab Sukabumi Harus Tindak Tegas Tower BTS Ilegal

Written By dodi on Monday, July 9, 2012 | 8:00 AM

SUKABUMI (LJ) - Kabupaten Sukabumi,menjadi salahsatu wilayah di Jawa Barat, yang begitu mudah mendirikan Tower Base Transceiver Station (BTS) atau menara jaringan Telephone Seluer, bahkan pengelolanya dapat menentukan lokasinya sendiri tanpa harus mengikuti aturan yang ada. Seperti tower BTS yang berdiri di Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, yang diduga tidak mengantongi ijin.
    Meski diduga belum mengantongi ijin secara penuh, namun pemilik Tower  BTS,yakni PT "Pd" tidak gentar untuk mendirikan menaranya.
    Kapala Bidang Informasi Dan Komonikasi, Dinas Perhubungan Komunikasi dan telekomunikasi (Dishubkominfo) Kabupaten Sukabumi , Meitha Kartika, Mengatakan , berdirinya tower BTS di Desa Sekarwangi Kecamatan Cibadak sama sekali tidak mempunyai ijin, lokasi tersebut adalah lokasi dalam zona larangan, diluar dari Seluler Planing (Selplan) pendirian Tower BTS. "Kami telah melayangkan dua kali surat teguran kepada PT Protelindotapi sampai saat ini belum ada respon dari mereka," tegasnya.
    Dishubkominfo lanjutnya, telah mengsosialisasikan ke tiap-tiap Kecamatan agar mengetahui titik-titik mana saja yang boleh mendirikan Tower BTC atau kalau tidak pihak kecamatan bisa berkordinasi dulu dengan Dishubkominfo."Bila ada pengusaha yang minta ijin pendirian Tower BTS baru,sebaiknya bisa berkoordinasi dengan kami,‘’ kata Meitha.
    Sementara Camat Cibadak, Suherwanto ketika di wawancarai wartawan di ruang kerjannya menjelaskan,pihaknya sebagai pelayan public harus melayani siapa pun yang datang, mengenai berkas yang ditandatangani olehnya, adalah sebagai bentuk pelayanan publik, dengan dasarnya dari persetujuan warga dan Kepala Desa. "Saya tanda tangani bukan berarti saya mengijinkannya, karena itu bukan bentuk surat perijinan dan saya sudah menegur bahkan melarang pendirian tower tersebut, tapi mereka pihak Tower tidak menggubrisnya,"jelasnya.
    Lebih lanjut suherwanto mengatakan bahwa surat edaran Sosialisasi Selplen dari  Dishubkominfo Kabupaten itu di terima setelah Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP) Kecamatan Cibadak memberikan teguran kepada pihak menajemen Tower BTS.
    Kepala Bidang Pembangunan , Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Sukabumi, Sarif, mengungkapkan, BPPT hanya menerima pendaftaran saja. "Lalu kami arahkan ke dinas terkait, kalau sudah mendapatkan rekomendasi dari dinas terkait baru kami keluarkan surat ijinnya dan kalau memang tidak ada rekomendasi, kami tidak akan ijinkan,"ungkap Sarif.
    Pihak kecamatan katanya,tidak akan gegabah untuk mendatangani berkas tersebut, mestinya harus ada kordinasi dahulu dengan Dinas terkait dan seharusnya di dalam masa awal pendirian Tower tersebut mestinya langsung segera di hentikan pembangunannya.CHP/HEP
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger