' Pemkab Siapkan Fasilitas Menghadapi Musim Kemarau - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pemkab Siapkan Fasilitas Menghadapi Musim Kemarau

Pemkab Siapkan Fasilitas Menghadapi Musim Kemarau

Written By dodi on Wednesday, July 4, 2012 | 8:00 AM

KAB.BOGOR (LJ) - Menyusul intensitas hujan yang mulai menurun disejumlah kawasan di Wilayah Kabupaten Bogor. Pemerintah Kabupaten Bogor telah menyiapkan sejumlah program, diantaranya berupa program penyediaan air bersih dan sanitasi masyarakat dalam menghadapi musim panas yang akan berdampak terhadap masalah kekurangan ketersediaan air bersih.
    “Musim panas yang mulai datang dalam kurun waktu satu bulan belakangan ini, menurut pihak yang berkompeten diprediksi akan berlangsung lebih lama dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, musim panas saat ini merupakan musim panas yang cukup radikal, sehingga harus ada persiapan yang lebih matang,” ungkap Luthfie Syam, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor,  Selasa (3/7) usai melakukan penanaman pohon dalam rangka Hari Bhakti Adiyaksa ke-52 Tahun 2012, di Perumahan Residen Nangewer, Kecamatan Cibinong.
    Luthfie mengatakan, dari 40 Kecamatan di Kabupaten Bogor, terdapat beberapa kecamatan yang saat ini masuk dalam peta rawan kesulitan air, seperti di Kabupaten Bogor wilayah barat, antara lain Tenjo, Cigudeg dan Jasinga, termasuk pula didaerah perkotaan Kabupaten Bogor seperti Gunung Puteri, Cileungsi, Jonggol, Cariu dan beberapa daerah lainnya.
    Lanjut dia, ancaman kekeringan yang melanda sejumlah kawasan di Kabupaten Bogor ini, merupakan sebuah siklus tahunan yang selalu terjadi. Untuk menyikapi itu semua kata Luthfie, Pemkab Bogor bekerja sama dengan sejumlah pihak terkait, salah satunya yakni dengan PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, akan menyiapkan tangki-tangki cadangan, untuk angkutan dropping air bersih dan penyediaan air, yang setiap saat dapat dikirimkan ketempat-tempat daerah kekeringan yang cukup massive dibutuhkan warga.
    “Dalam menghadapi kondisi seperti ini, Pemkab Bogor, menyiapkan tangki-tangki cadangan yang setiap saat bisa dikirimkan ketempat-tempat kekeringan yang cukup massive,” ujarnya.
    Dalam menghadapi musim panas ini, Luthfie menjelaskan, apa yang disampaikan oleh Bupati kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bogor, untuk mewaspadai berbagai ancaman masuknya musim kemarau tahun ini, yakni untuk dapat melakukan penghematan terhadap penggunaan sumber-sumber air. "Himbauan ini, juga berlaku bukan hanya untuk masyarakat, lebih dari itu, bagi semua institusi pemerintah, termasuk sekolah-sekolah untuk dapat melakukan penghematan air," pintanya.
    Dia berharap, kepada seluruh dunia usaha, yang membuka pabrik atau kegiatan usaha industri lainnya, diwilayah Kabupaten Bogor, yang mempergunakan sumur air dalam (ARTESIS-red) agar dapat berbagi bersama masyarakat setempat. Yakni dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bisa berbagi, menikmati air perusahaan tersebut, yaitu dengan membuka kran ditempat-tempat strategis diluar perusahaan tersebut. "Mereka diharapkan dapat memberikan suplay kepada fasilitas-fasilitas umum, yang ada dilingkungan setempat seperti MCK umum, atau sarana peribadatan yang bisa dipergunakan masyarakat," harapnya. BSR
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger