' Pemkab Bandung Akan Perbaiki Rutilahu - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » , » Pemkab Bandung Akan Perbaiki Rutilahu

Pemkab Bandung Akan Perbaiki Rutilahu

Written By dodi on Thursday, July 12, 2012 | 8:00 AM

KAB.BANDUNG,(LJ)- Dinas Perumahan, Penataan Ruang dan Kebersihan (Dispertasih Kabupaten bandung) mempunyai tugas pokok merumuskan kebijaksanaan teknis dan melaksanakan kegiatan teknis operasional di bidang perumahan, penataan ruang dan kebersihan yang meliputi pengembangan kawasan, pengembangan perumahan, penataan ruang, penataan dan pengendalian bangunan, permukiman dan pelayanan kebersihan dan pengelolaan sampah serta melaksanakan ketatausahaan Dinas.
    “ Tahun ini akan dilakukan perbaikan 1.000 dari 6.000 rumah tidak layak huni (rutilahu) yang tersebar di 31 kecamatan, perbaikan akan dimulai antara Juli atau Agustus. Saat ini pihaknya sedang melakukan kajian dan survei terhadap rumah yang layak untuk diperbaiki, “ kata Kepala Dispertasih Kab. Bandung, Slamet Mulyana.di Soreang kabupaten bandung, baru baru ini.
    Menurutnya, dalam melakukan kajian dan survei terhadap rumah-rumah yang tidak layak itu. Kalau hanya melihat dari foto-foto saja tidak bisa. Mungkin saja foto tersebut hanya memperlihatkan bagian yang rusaknya saja. Makanya perlu survei langsung.
    “Ada beberapa kriteria rutilahu. Di antaranya konstruksi bangunan tidak permanen dan dikhawatirkan roboh. "Kriteria lainnya berlantai tanah. Tapi kalaupun berubin, jika dindingnya bilik, itu masuk rutilahu dan akan kita perbaiki," jelasnya.
    Perbaikan rutilahu, lanjut Slamet dilakukan menggunakan dana dari APBD Kab. Bandung, APBD Provinsi Jawa Barat, dan Kemenpera. Dari APBD Kab. Bandung sudah kita siapkan Rp 7 miliar. Rutilahu yang akan diperbaiki biayanya berbeda-beda, tergantung tingkat kerusakannya. Selain rumah, perbaikan juga akan dilakukan untuk jalan dan saluran air. 
    Slamet menambahkan, jumlah rutilahu yang direhab tahun 2012 mengalami kenaikan dibanding tahun lalu yang hanya 205 unit. Hal ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah.  "Kami akan terus berupaya mengurangi jumlah rutilahu di Kab. Bandung. Kita perbaiki secara bertahap. Mudah-mudahan tahun depan lebih banyak lagi yang diperbaiki,". (FEN)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger