' Pemerintah Apresiasi Upaya Holcim Indonesia Kembangkan UMKM - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pemerintah Apresiasi Upaya Holcim Indonesia Kembangkan UMKM

Pemerintah Apresiasi Upaya Holcim Indonesia Kembangkan UMKM

Written By dodi on Tuesday, July 31, 2012 | 8:00 AM

BOGOR - PT Holcim Indonesia Tbk, baru-baru ini mendapatkan penghargaan khusus bertitel Certificate of Recognition dari Kementerian Koperasi dan UKM atas peran serta dan komitmennya memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) nasional. Langkah PT.Holcim terhadap pengembangan UMKM ini, dinilai pemerintah dapat menjadi contoh sekaligus pendorong bagi perusahaan nasional lainnya untuk lebih meningkatkan kepeduliannya terhadap masyarakat.

Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Kementerian Koperasi dan UKM, Choirul Djamhari, mengatakan penyerahan penghargaan diserahkan langsung di pabrik perusahaan tersebut, di Klapanunggal, Bogor, Jawa Barat, awal Juli lalu. "Langkah PT Holcim memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) diharapkan bisa mendorong komitmen perusahaan nasional lainnya meningkatkan kepedulian kepada masyarakat melalui pemberdayaan sektor riil di sekitar perusahaan mereka,” ujar Choirul dalam siaran persnya, belum lama ini.

Perusahaan semen terbesar ketiga di Indonesia tersebut, menaruh perhatian besar bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat. Sesuai dengan misinya, yakni menciptakan masyarakat untuk menikmati kehidupan lebih baik di masa depan, Holcim merancang pemberdayaan masyarakat di sekitar perusahaan. Pemberdayaan UMKM yang dilaksanakan perusahaan ini di antaranya di Cilacap, bekerjasama dengan Universitas Soedirman. Pemberdayaan itu melalui program Pos Daya, yakni pendampingan bagi koperasi dan UMKM.

Di kawasan pabriknya di Narogong, Bekasi, Jawa Barat, memfasilitasi kehadiran empat koperasi. Masing-masing bergerak di bidang usaha berbeda. Koperasi Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Swadaya Pribumi bergerak di bidang simpan pinjam. Koperasi Kujang Nusantara melakukan pengelolaan air bersih sumur artesis.

Kemudian Koperasi Kembang Kuning Sejahtera di bidang daur ulang sampah, dan Koperasi Wanita Mandiri yang memiliki usaha di bidang produksi souvenir berbahan baku tepung.
"Pemberdayaan UMKM yang dilaksanakan Holcim di sekitar lokasi usahanya, sangat penting artinya bagi menumbuhkan jiwa dan semangat kewirausahaan. Holcim sebagai perusahaan besar juga diharapkan bisa menularkan nilai-nilai corporate culture ke perusahaan lain," ujar Choirul Djamhari.

Proses transformasi tersebut bisa mempercepat akselerasi pertumbuhan wirausaha baru dikaitkan dengan peningkatan daya saing perekonomian nasional. Perusahaan ini diharapkan bisa tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Holcim adalah merupakan perusahaan terbuka, dan saham mayoritasnya dikuasai Holderfin BV Ltd., anak perusahaan Holcim Ltd. yang berpusat di Swiss. Kegiatan usahanya meliputi produksi semen, beton/ready mic concrete hingga produksi batu belah. CPS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger