' Pemerintah Akan Bangun Kawasan Industri Jepang di Karawang - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Pemerintah Akan Bangun Kawasan Industri Jepang di Karawang

Pemerintah Akan Bangun Kawasan Industri Jepang di Karawang

Written By dodi on Wednesday, July 25, 2012 | 8:00 AM

BOGOR - Menteri Perindustrian RI M.S Hidayat mengungkapkan bahwa Pemerintah sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan dan pengembangan kawasan industri perusahaan asal Jepang di Indonesia. Lahan tersebut sedang dipersiapkan di Karawang, Jawa Barat, seluas hingga 5.000 hektar.

"Sudah ada beberapa perusahaan asal Jepang yang menyatakan ketertarikannya akan membangun pabriknya di Karawang. Perusahaan tersebut, antara lain perusahaan elektronik, mesin-mesin dan otomotif," kata Menteri Perindustrian, M.S. Hidayat, dalam siaran persnya, Selasa (24/7).

Untuk itu, sambungnya, Pemerintah terus berupaya untuk mencari lahan seluas sekitar 5.000 hektar, dengan infrastruktur dan sarana pendukung yang memadai. Menurut menteri, hal ini perlu dipersiapkan secara matang lantaran para investor tidak ingin menggunakan pelabuhan Tanjung Priok sebagai arus keluar dan masuk barang. "Tapi yang jelas di wilayah Karawang, Jawa Barat," tegas Menperin.

Salah satu upaya yang tengah dilakukan, sebut Hidayat, Pemerintah terus membangun jalan, dan berbagai infrastruktur pendukung ke kawasan tersebut. "Pemerintah sedang mempersiapkan pembangunan infrastruktur seperti jalan, suplai listrik, serta suplai gas hingga sarana telekomunikasi. Selain itu, pemerintah akan membangun pelabuhan di Karawang. Untuk suplai listrik, masih dari Jawa Barat, dan sejauh ini tidak ada masalah," terangnya.

Hidayat optimis, masuknya para investor dari Jepang tersebut, dapat pula menampung ribuan tenaga kerja Indonesia untuk dapat bekerja di pabrik-pabrik perusahaan tersebut. "Dengan adanya kawasan industri ini, maka dapat pula menarik ribuan tenaga kerja dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar," tegasnya. KUH
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger