' Pemangku Kebijakan Redaksi Media Bentuk Bogor Editor Club - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pemangku Kebijakan Redaksi Media Bentuk Bogor Editor Club

Pemangku Kebijakan Redaksi Media Bentuk Bogor Editor Club

Written By dodi on Monday, July 2, 2012 | 8:00 AM

BOGOR (LJ) - Sejumlah pemimpin media lokal cetak dan elektronik yang berada di wilayah kota dan Kabupaten Bogor, bersepakat membentuk Bogor Editor Club (BEC)--satu wadah yang berperan untuk mengontrol setiap regulasi yang dikeluarkan penyelenggara daerah, eksekutif dan legislatif di Bogor. Selain itu, wadah para pemimpin media massa di Bogor tersebut, akan menjadi tempat dialog sekaligus mendiskusikan beragam persoalan dan isu-isu besar di kedua wilayah penyangga Ibukota Negara DKI Jakarta itu.

"Sikap kritis sekaligus kepedulian sangat dibutuhkan, karena tanpa ada sikap semacam itu, akan sangat sulit buat kita mengungkap potensi yang ada pada kedua wilayah ini," ucap Petrus Barus, Pemimpin Redaksi Harian PAKUAN RAYA yang didaulat menjadi Koordinator BEC, usai pertemuan para pemimpin media massa di sebuah rumah makan di Jalan Pajajaran, Kota Bogor.  Dijelaskannya, BEC merupakan wadah silaturrahmi dan berkumpul para pemangku kebijakan di redaksi media massa yang terbit di wilayah Bogor.

Selain Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan anggota Dewan Redaksi Media Massa, BEC juga akan mengakomodir para Redaktur, Koordinator Liputan dan Redaktur Pelaksana. "Jadi BEC ini dikhususkan untuk level pemangku kebijakan di redaksi, bukan untuk wartawan. Kita berhimpun disini bukan untuk berorganisasi, melainkan untuk kumpul-kumpul sambil berdiskusi dengan sesama pemimpin media massa, berdialog tentang berbagai hal dengan penyelenggara daerah, stake holder pembangunan dan juga kalangan investor dari luar Bogor untuk memajukan Bogor," kata Petrus.

Ditambahkan olehnya, BEC juga akan menyelenggarakan beragam kegiatan seperti kegiatan diskusi publik atau seminar umum terkait dengan penyelenggaraan pembangunan serta potensi daerah, serta pelatihan dan workshop jurnalistik yang segmentasinya dikhususkan pada mahasiswa dan pelajar. "Melalui BEC, para pemimpin di media massa juga ingin mengangkat segenap potensi Bogor ke kancah nasional dan bahkan dunia internasional," tegasnya.

Terkait dengan hal itu, Pemimpin Redaksi Harian LINGKAR JABAR Coky Pasaribu, berharap dibentuknya BEC selain untuk ajang berkumpul dan dialog para pemangku kebijakan redaksi, juga untuk memperkenalkan media lokal dan regional kepada para pengusaha di Jakarta. "Dengan mengenal media massa di Bogor, tentunya para pengusaha akan lebih mudah jika hendak mempromosikan produk dan mempublikasikan kegiatan-kegiatannya di Bogor," kata Coky.

Ditambahkan oleh Coky, dalam waktu dekat, BEC akan membuat program diskusi bulanan mengangkat isu-isu besar di Bogor dengan menghadirkan pembicara dari level Kepala Daerah, Kepala SKPD, pimpinan lembaga legislatif, pimpinan unsur Muspida, anggota DPR dan DPRD Provinsi Jabar dapil Bogor. "Insya Allah, kita juga akan bekerjasama dengan satu stasiun TV dan radio terbesar di Bogor untuk menayangkan program Editor Club, dalam waktu dekat mudah-mudahan sudah bisa tayang," paparnya.

Dalam pertemuan itu, para pemangku kebijakan redaksi media massa menyepakati untuk membentuk kepengurusan sementara (caretaker) dengan komposisi Koordinator dijabat Petrus Barus, Wakil Koordinator dijabat Pramudia Kadarisman (Pemred Bogor Update Megaswara TV) dan Sekretaris dijabat Coky Pasaribu (Pemred HU.Lingkar Jabar). "Langkah awal, kami akan menyiapkan sekretariat dan kemudian menginventarisir anggota dan data media massa di Bogor, baru kemudian membuat program kerja," pungkas Coky. ALI
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger