' Pelantikan Bupati Subang Definitif Digagalkan Lagi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pelantikan Bupati Subang Definitif Digagalkan Lagi

Pelantikan Bupati Subang Definitif Digagalkan Lagi

Written By dodi on Tuesday, July 31, 2012 | 8:00 AM

SUBANG - Ojang Sohandi, Pelaksana Tugas Bupati Subang, sepertinya masih harus bersabar hingga sepekan ke depan untuk menjadi orang nomor 1 di Kabupaten Subang secara definitif. Karena, DPRD setempat telah memundurkan jawal pelantikan Ojang pada Kamis (9/8) mendatang. Sebelumnya beredar kabar, Ojang bakal dilantik pada Selasa (1/8). Rencana pelantikan Ojang pada Selasa ini, semakin kuat karena pada hari yang sama Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengunjungi Kecamatan Pagaden, Subang, guna peresmian desa peradaban.

Namun, rupanya DPRD punya pilihan dan pertimbangan lain. Pada Rapat Badan Musyawarah (Bamus) kemarin, atas usul Fraksi PDIP, forum memutuskan pelantikan Ojang Sohandi digelar pada Kamis (9/8). "FPDIP mengusulkan dan kemudian menjadi keputusan Bamus, pelantikan digelar tanggal 9 Agustus nanti," kata Ketua DPRD Subang Atin Supriatin kepada wartawan usai mengikuti rapat Bamus, kemarin.

Atin pun mengaku bingung ada informasi yang menyatakan pelantikan Ojang pada Selasa besok. Sementara dirinya tidak pernah mendapat kabar dan tidak mengetahui soal itu. "Ini ada apa?," tanyanya. Bahkan, lanjut Atin, untuk mengambil SK penetapan Ojang sebagai Bupati di Gedung Sate dirinya tidak pernah dilibatkan. Wajar, imbuhnya, jika dirinya tidak mengetahui soal kapan SK itu diterima. "Yang datang kesana hanya Sekwan, silakan tanya ke beliau," tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan (Sekwan) Abdurohman terkesan menghindar. Usai rapat Bamus, Abdurohman orang yang mengetahui betul SK itu, tidak ada di ruang kerjanya. Pintu dalam kondisi terkunci, dan kondisi ruangan sudah gelap gulita. Informasi yang dihimpun SK Penetapan Ojang sebagai Bupati Subang keluar pada tertanggal 25 juli. SK itu kemudian diterima oleh DPRD melalui Wakil Ketua DPRD Oman Warjoman dan Sekwan pada 27 Juli di Gedung Sate, Bandung.

Sebelumnya diketahui, Fraksi PDIP secara terbuka telah menolak mempercepat pelantikan Ojang yang diusungnya, tapi kali ini PDIP tampak melemah. Sekretaris PDIP Atin Supriatin, menyatakan sulit untuk menolak itu karena produk konstitusi. "PDIP tidak akan melakukan hal-hal yang diinginkan, ini kan undang-undang yg harus dilaksanakan, jadi tidak ada kewenangan untuk menolak," jelasnya.

Menanggapi pengunduran waktu pelantikannya sebagai bupati defenitif, Ojang yang pernah menjadi ajudan mantan Bupati Subang Eep Hidayat mengatakan, dirinya mafhum dengan keputusan Banmus DPRD tersebut. "Saya akan ikuti keputusan Banmus yang telah menjalankan tugasnya sesuai mekanisme konstitusi. Mau dipercepat atau diperlambat, saya akan ikuti proses (pelantikan) itu," ujarnya.

Sementara itu, Fauzan, Sekretaris Gerakan Pemuda Islam (GPI) Kabupaten Subang, menyayangkan sikap Banmus yang menganulir waktu pelantikan Ojang tersebut. "Kalau bicara untuk kepentingan Subang, semestinya Banmus Dewan terima saja waktu yang diusulkan gubernur itu," tutur Fauzan. Ia menduga ada grand desain dari pihak tertentu untuk mendzalimi Ojang.
"Kasihan nasib Ojang yang terus digantung sejak dari penetapan sebagai bupati defenitif sampai waktu pelantikannya," ujar Fauzan. ADE
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger