' Pekerjaan Jalan Raya Pantura Subang Molor - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Pekerjaan Jalan Raya Pantura Subang Molor

Pekerjaan Jalan Raya Pantura Subang Molor

Written By dodi on Wednesday, July 18, 2012 | 8:00 AM

SUBANG (LJ) - Perbaikan jalan dilokasi Pantura Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang, Jawa Barat, dinilai molor. Pasalnya, dalam pekerjaan, seharusnya di bulan Ramadhan sudah selesai, hingga kini masih dalam tahap pekerjaan, dan diperkirakan akan selesai pada H-7.

Keterangan yang dihimpun LINGKAR JABAR, proyek pelaksanaan pekerjaan pembangunan di Jalan raya Pantura di Kecamatan Pusakanagara, masih belum selesai dikerjakan. Padahal proses pekerjaan pengerukan sudah dilakukan beberapa bulan lalu, dan pihak proyek, saat ini masih tahap pekerjaan.

Akibatnya volume kendaraan yang melintas di jalan tersebut, mengalami peningkatan alias sering terjadi kemacetan. Sedangkan perbaikan jalan di pantura sebagian besar sudah tuntas dan hanya jalan raya di jalur Pusakanagara yang belum tuntas dalam pekerjaannya.

Menurut salah seorang pengendara, Narul, warga Pusakanagara menuturkan, melihat kondisi jalan yang sudah lama dikeruk, namun belum juga dikerjakan. "Seharusnya kalau dikerjakan dengan serius pasti sudah selesai. Namun, saat ini, terlihat tidak ada pekerjaan sama sekali oleh pemborong pryek jalan tersebut," ucap, dia kepada LINGKAR JABAR, Selasa, (17/7).

Menurutnya, dengan kondisi jalan tersebut, selain sering terjadi kemacetan, juga pengendara yang menggunakan jalan yang sudah dikeruk agar bisa secepatnya diselesaikan. "Saat belum dilakukan pekerjaan, penguna hannya beberapa menit sampai tujuan. Namun, dengan adanya pekerjaan ini, sampai ke tujuan mengalami kemacetan dan kecelakaan, akibat jalan yang bergelombang," ujarnya.

Sementara itu, proyek peningkatan ruas jalan Pantura yang menghubungkan antara Jakarta – Cirebon tepatnya, di jalan yang melintas di wilayah Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang, dilaksanakan oleh PT. Mega Sukma asal Bandung, dengan jarak perbaikan sepanjang 1 kilo meter. Rencananya selesai pekerjaan menjelang Hari Raya Idul Fitri, tepatnya H-7 nanti dapat diselesaikan dengan baik.

Menurut, salah seorang konsultan dari Dinas Binamarga Pusat, Asep, mengatakan, persoalan yang terjadi bagi para pengguna jalan yang melintas di jalan pantura rute Jakarta – Cirebon, terutama di saat musim liburan panjang tiba, yakni pada saat  menjelang Hari Raya Idul fitri. Para pengendara roda empat maupun roda dua, sering terjebak kemacetan yang cukup panjang. Baik itu disebabkan, oleh kondisi jalanan yang rusak maupun, adanya pengerjaan proyek jalan, sehingga para pemudik maupun arus balik merasa kecewa karena waktu tempuh yang tersedat, sehingga tidak sesuai dengan waktu tujuan yang ditelah direncanakannya.

“Mudah–mudahan, perbaikan jalan ini, dapat selesai pada waktu yang telah direncanakan yakni H-7 atau menjelang Hari raya Idul fitri nanti. Dan pastinya dengan adanya percepatan peningkatan jalan ini, diharapkan dapat memperlancar para pengguna jalan yang berniat melakukan perjalanan mudik maupun arus balik,” imbuhnya.

Berkaitan dengan proses pengerjaan peningkatan jalan tersebut, pihaknya sebagai konsultan mengharapkan agar penanggung jawab pelaksaan dalam hal ini  PT. Mega Sukma, supaya menggunakan material yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan Spek yang sebenarnya. Karena untuk menjaga keawetan jalan agar tidak cepat rusak. "Untuk penghot mixkannya nanti, pihak pemborong  diharuskan menggunakan hot mix ACBC 7 dan ACWC 5, karena material tersebut, sangat ideal untuk jalan setarap jalan Nasional” pungkasnya. ALM
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger