' Pecatur Jabar Menanti Izin Percasi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Pecatur Jabar Menanti Izin Percasi

Pecatur Jabar Menanti Izin Percasi

Written By dodi on Friday, July 13, 2012 | 8:00 AM

AGUSTUS mendatang, para pecatur dunia akan uji tanding. Tapi sayangnya, hingga kini pecatur Grand Master Indonesia asal Jawa Barat Susanto Megaranto, belum mendapatkan izin dari Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Jawa Barat.

Padahal menurutnya, Ia begitu menggebu gebu ingin membela Indonesia di ajang Olimpiade Catur di Turki pada Agustus mendatang. "Sampai sekarang belum ada kejelasan apakah saya ikut di Olimpiade Turki atau tidak, sebab Pengprov Jawa Barat menginginkan saya fokus pada persiapan PON XVIII di Riau," kata Susanto sebelum mengikuti final Kejurnas Catur Mahasiswa 2012 di Jakarta, Kamis (12/7).

Bahkan Susanto, sempat galau. "Saya sendiri serba salah, tetapi saya ingin dapat ikut di dua ajang itu," katanya, dan menyebutkan juga, bahwa Ia bisa memaklumi terkait ketidakpastian izin Pengprov dalam keikutsertaannya pada Olimpiade, karena waktu perhelatan dua ajang tersebut berdekatan.

"Kepentingannya memang berbeda-beda karena di satu sisi saya harus membela provinsi, dan di sisi lain saya harus membela Merah Putih," katanya.

Dia menegaskan, siap menerima keputusan yang diberikan kepadanya. Namun apabila pengprov memberikan izin untuk mengikuti Olimpiade Catur di Turki, ia harus mempersiapkan fisik yang prima.

"Kalau memang diizinkan saya siap, tapi mungkin saya harus persiapkan fisik yang benar-benar prima, karena waktu perhelatan Olimpiade dan PON sangat dekat. Karena Turki itu sangat jauh, saya perkirakan saya hanya akan memiliki waktu istirahat dua hari setelah Olimpiade," katanya menambahkan.

Sebelumnya, Pengurus Besar Persatuan Olahraga Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) kesulitan untuk menentukan pecatur yang akan diturunkan ke Olimpiade Catur yang akan berlangsung di Turki, 27 Agustus - 9 September 2012.

Kabid Pembinaan Prestasi PB Percasi Kristianus Liem mengatakan, Pengprov Percasi Jawa Barat yang menaungi dua atlet andalan Indonesia, yaitu Irene Kharisma Sukandar dan Susanto, menyatakan keberatan jika kedua atletnya itu dikirimkan ke Olimpiade karena terkait kepentingan kontingen di PON 2012 Riau yang akan berlangsung 9-20 September mendatang.

"Kami mendapat surat dari Pengprov Jabar bahwa Irene dan Susanto tidak boleh ikut Olimpiade. Alasan mereka, keduanya dipersiapkan ke PON tahun ini," ujarnya.

Kristianus mengatakan, permasalahan tersebut sangat dilematis mengingat cabang ini memiliki Olimpiade sendiri dan waktunya sangat dekat dengan pelaksanaan PON XVIII yang akan berlangsung di Riau.

"Olimpiade catur di Turki akan berlangsung sejak 27 Agustus akan berakhir pada 9 September, sedangkan pertandingan catur PON di Riau akan dimulai pada 12 September," kata Kristinus.FEY
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger