' PDIP Mengarah ke Dede Yusuf, Rieke Dyah Mendukung - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » PDIP Mengarah ke Dede Yusuf, Rieke Dyah Mendukung

PDIP Mengarah ke Dede Yusuf, Rieke Dyah Mendukung

Written By dodi on Tuesday, July 31, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG - Beredarnya kabar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengusung Dede Yusuf Effendi sebagai Calon Gubernur (Cagub) di Pemilihan Gubernur--Pilgub--2013 mendatang, membuat salah satu bakal cagub terkuat, Rieke Dyah Pitaloka, harus bersikap lapang dada alias merendah. Artis peran yang kini menjadi anggota Fraksi PDIP DPR RI ini mengaku tak akan mempermasalahkan jika nanti dirinya diputuskan pimpinan PDIP tidak menjadi cagub atau diputuskan hanya menjadi calon wakil gubernur (cawagub).

"Apapun yang ditugaskan partai saya siap. Apakah hanya jadi juru kampanye Jabar di jalanan saya pun siap," kata Rieke kepada wartawan usai mengikuti diskusi bertema 'Membedah Sistem Politik Indonesia' di Universitas Pasundan (Unpas) Lengkong Besar, Bandung, Senin (30/7). Menurutnya, sebagai warga Jawa Barat, sudah seharusnya bisa juga memajukan Jawa Barat. "Karena itu, apapun tugas dari partai saya siap, masa untuk Jawa Barat saya tidak siap," terang anggota DPR RI Komisi IX itu.

Dia pun mengaku jika memiliki kans besar, itu berarti ada nilai tambah dari kinerjanya selama ini. "Kalau itu memang ya Alhamdulillah, tapi belum taulah kan politik, tidak bisa ditebak," ungkapnya seraya menambahkan saat ini hanya percaya pada pimpinan partai yang punya perhitungan lebih dalam. "Karena DKI dan Jabar sendiri kan barometer nasional jadi ada perhitungan. Kita tunggu saja. Kalau saya santai sajalah," katanya.

Sebelumnya ramai diberitakan, hasil survei internal PDIP terhadap sejumlah tokoh Jabar, termasuk kader PDIP yang ikut penjaringan calon gubernur/wakil gubernur di Pilgub Jabar 2013 menunjukkan Dede Yusuf unggul dibanding calon gubernur lainnya. Responden yang menginginkan Dede Yusuf menjadi gubernur mencapai 57 persen. Ada pun di urutan kedua adalah Bupati Sumedang Don Murdono dengan angka yang terpaut jauh. Tingkat kepuasan responden atas kinerja Dede Yusuf sebagai Wagub Jabar pun mencapai angka 73 persen. Survei internal itu dilakukan DPP PDIP.

Terkait hasil survei tersebut, belum lama ini Dede yang saat ini menjabat Wakil Gubernur diundang Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDIP Taufik Kiemas ke kediamannya di Jakarta. Silaturahmi yang berjalan dalam suasana santai itu, membicarakan sejumlah hal termasuk Pilgub. Ada kabar, dalam silaturahmi itu muncul niat PDIP untuk meminang Dede Yusuf sebagai cagub Jabar. Ada dua opsi yang muncul dalam perbincangan tersebut, yaitu PDI-P akan mengusung Dede Yusuf sebagai cagub atau PDI-P akan berkoalisi dengan Partai Demokrat dalam Pilgub.

Ketua DPD PDIP Jabar Rudy Harsa Tanaya enggan berkomentar banyak soal hasil survei internal tersebut. Rudy tidak membantah tapi juga tidak mengiyakan. "Namanya survei internal, tentunya untuk konsumsi internal," kata Rudy baru-baru lalu. Namun Rudy tidak membantah tentang adanya pertemuan antara Taufik Kiemas dan Dede Yusuf, "Memang benar ada silaturahmi itu, beberapa minggu lalu. Itu pertemuan biasa. Saya juga hadir kok di silaturahmi itu," ujar Rudy.

Mengenai materi pembicaraan pertemuann itu, Rudy enggan membeberkannya. Namun Rudy mengatakan, pertemuan tersebut lebih kepada silaturahmi partai. "Silaturahmi politik antara Demokrat dan PDIP. Itu saja. Soal lainnya seperti apakah Dede akan diusung PDIP atau PDIP yang berkoalisi dengan Demokrat, itu belum dirumuskan. Baru berandai-andai saja," ujarnya.

Sementara, Dede Yusuf mengaku belum mengetahui tentang survei internal PDIP yang menunjukkan posisinya lebih unggul bahkan dibanding kader PDIP.  "Sepertinya itu belum dirilis. Saya tunggu rilisnya dulu deh. Kalau sudah dirilis, artinya kan ada pertanggungjawaban atas data yang dihasilkan. Kalau sekarang kan baru katanya. Saya sih alhamdulillah, alhamdulillah ada yang memberikan dukungan kepada saya," ujar bekas aktor laga ini. FER/COK

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger