' Ormas Islam Jangan Sweeping Selama Ramadhan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Ormas Islam Jangan Sweeping Selama Ramadhan

Ormas Islam Jangan Sweeping Selama Ramadhan

Written By dodi on Monday, July 23, 2012 | 8:00 AM

KOTA CIREBON (LJ) – Kapolres Cirebon Kota menghimbau kepada Organisasi masyarakat (ormas) di Kota Cirebon untuk tidak melakukan sweeping selama Ramadan kali ini. "Segala indikasi yang mengarah pada tindakan merusak ibadah puasa, penegakan hukumnya diserahkan kepada kepolisian. Sweeping tidak boleh dilakukan siapapun di luar aparat berwenang," tutur AKBP Asep Edi Suheri, Kapolres Cirebon Kota usai rapat dengan pimpinan sejumlah ormas yang ada di Kota Cirebon, di aula Makopolres Cirebon Kota, belum lama ini.

Kebijakan itu dikeluarkan Kapolres Cirebon Kota AKBP Asep Edi Suheri, mengingat intensitas gerakan swiping kerap mengalami peningkatan setiap Ramadhan. Menurut dia, kebijakan itu bahkan berlangsung secara nasional karena berupa perintah Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo.

Dijelaskan pula, Pemkot Cirebon sudah mengeluarkan kebijakan penutupan tempat hiburan sejak Rabu (18/7) lalu. "Bukan hanya penutupan tempat hiburan, tapi dapat menghargai selama bulan suci ramadhan, pada warga yang menjalankan ibadahnya," ujarnya.

Pihaknya meminta, ormas melaporkan jika ada indikasi dimaksud kepada polisi sebagai bentuk koordinasi. Bahkan, Polres Cirebon Kota sendiri berencana menggelar operasi penyakit masyarakat (pekat) setiap hari. "Setiap anggota yang terlibat sebagai beking dalam pelanggaran penutupan tempat hiburan akan dipecat. Sementara tempat hiburan yang melanggar SE No 556.322/22/DPORKP tahun 2012, tentang Pengaturan Operasional Usaha Kepariwisataan, diancam ditutup bahkan dicabut izinnya," ungkapnya.

Sementara itu, Andi Mulya, salah seorang perwakilan ormas dari Gerakan Anti Pemurtadan dan Aliran Sesat (Gapas), meminta adanya keterlibatan ormas dalam operasi pekat. Namun pihaknya menjamin ormas tidak turut bertindak. "Kami akan berdiri di belakang saja, dan tetap akan berbagi informasi kepada aparat berwenang," ujar dia. APP/GYO (C.12)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger