' Mojang Jajaka Bandung 10 Juli 2012 - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Mojang Jajaka Bandung 10 Juli 2012

Mojang Jajaka Bandung 10 Juli 2012

Written By dodi on Tuesday, July 3, 2012 | 3:53 PM

DISELEKSI, siapa yang berhak menyandang gelar tahun ini. Menentukannya melalui grand final Pasanggiri Mojang Jajaka (Moka) Kabupaten Bandung, yang akan digelar pada Selasa 10 Juli 2012. Bertempat di Gedung Moch Toha Pemkab Bandung. Kegiatan ini diikuti sebanyak 40 finalis.

“Jumlah peserta tahun ini yakni 40 orang yang berasal dari 31 kecamatan di Kabupaten Bandung,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar), Kabupaten Bandung, Dicky Anugrah, kepada LINGKAR JABAR, di Soreang Kabupaten Bandung, kemarin.

Menurutnya, seluruh peserta mengikuti ujian tertulis dan lisan. Tak hanya itu peserta juga mendapatkan berbagai pelatihan dan pengarahan hingga terpilih menjadi finalis. Moka Kabupaten Bandung diharapkan dapat mengembangkan potensi daerah melalui promosi kepariwisataan.

Mengenal Jajaka Sunda, berarti lelaki yang berwibawa, waspada dan gagah berani atau tegas adalah modal awal membangun wilayah Nusantara yang berkeadilan dan berkesejahteraan.

“Adapun mojang sunda adalah partner dari jajaka yang mencerminkan kreativitas seorang perempuan dalam membangun kedaulatan daerah Kabupaten Bandung dan negeri Indonesia. Maka, eksistensi mojang dan jajaka memberikan secercah cahaya perbaikan, khususnya bagi warga Kabupaten bandung," kata Dicky.

Menutnya lagi, penyelenggaraan kegiatan ini pada hakekatnya adalah bagian dari upaya membangkitkan gerakan kebudayaan di Kabupaten Bandung menuju perwujudan mayarakat berbudaya. Upaya itu menurutnya merupakan kewajiban dan tanggung jawab bersama, yaitu pemerintah, pihak swasta maupun masyarakat.

“Pasanggiri mojang dan jajaka merupakan sebuah peristiwa budaya. Maka, kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan sosok-sosok nonoman Sunda yang ideal. Pasanggiri ini lebih menekankan pada aspek kualilatif, sebagai langkah lanjutan dari kegiatan serupa yang telah berlangsung puluhan tahun," ungkapnya

Dengan intropeksi tanpa henti, lanjut Dicky, peristiwa penting ini dapat dijadikan wahana untuk semakin menunjukkan kesadaran akan kewajiban dan tanggungjawab masyarakat Kabupaten Bandung terhadap upaya perwujudan masyarakat berbudaya.FEN


Keterangan Foto: Dicky Anugrah
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger