' Minat Baca Masyarakat Cirebon Naik 300 Prosen - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Minat Baca Masyarakat Cirebon Naik 300 Prosen

Minat Baca Masyarakat Cirebon Naik 300 Prosen

Written By dodi on Wednesday, July 4, 2012 | 8:00 AM

KAB. CIREBON (LJ)-Minat baca masyarakat Kabupaten Cirebon mengalami peningkatan hingga 300 prosen, indikasi ini terlihat dari tingginya jumlah pengunjung Perpustakaan Daerah milik Pemerintah Kabupaten Cirebon yang terletak di kompleks Pemkab.
    Kepala Perpustakaan Daerah Kab. Cirebon, H. Hafidz Iswahyudi, mengatakan, pengunjung yang datang untuk membaca dan meminjam buka bacaan per hari tidak kurang dari 30 orang, bahkan hari-hari tertentu di atas 50 orang pengunjung. “Ini merupakan peningkatan minat baca yang sangat pesat jika dibanding pada tahun 2011 jika dilihat dari sisi pengunjung. Tentunya ini berkat dukungan dari semua pihak,” ujarnya kepada LINGKAR JABAR, Kemarin.
    Meski jumlah pengunjung meningkat, namun dia menyayangkan, dengan jumlah tenaga pustakawan yang tidak sebanding dengan sebaran luas wilayah Kabupaten Cirebon. “Saat ini kami memiliki pustakawan hanya 3 orang dengan kualifikasi pustakawan ahli satu orang dengan latar belakang pendidikan sarjana pustakawan, dan 2 orang pustakawan ahli madya dengan latar belakang pendidikan D3 yang sangat membantu perpustakaan ini. Berdasarkan analisa kebutuhan pegawai idealnya kami membutuhkan tidak kurang 15 orang pustakawan untuk mengcover 40 kecamatan se Kabupaten Cirebon,” ungkapnya.
    Lebih lanjut Hafizd menuturkan, untuk koleksi buku perpustakaan daerah lebih kurang 29 ribu koleksi buku dari berbagai judul. Buku tersebut untuk dipinjamkan kepada anggota.
    Sedangkan untuk katagori buku standar, ada jenis buku yang berkaitan dengan sastra, keagamaan, pengetahuan umum, tekhnologi, tekhnologi tepat guna dan ada juga yang berkaitan buku anak-anak. “Pengunjung anak-anak kita sediakan ruangan baca khusus dan tentunya dengan buku yang khusus anak-anak. Untuk bacaan anak-anak usia sekolah dasar, ternyata cukup banyak diminati,” katanya.
    Menyinggung sumber buku perpustakaan, lanjut Hafidz, kebanyakan berasal dari bantuan Pemerintahn Pusat, Pemerintah Provinsi dalam hal ini Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Bapusibda) Jawa Barat serta bantuan Pemerintahan Daerah Kabupaten Cirebon.
    Selain itu, ada juga sumbangan dari masyarakat yang mempunyai perhatian penuh terhadap perpustakaan. "Mereka itu, bersedia menjadi donator dan sponsir pengadaan berbagai macam jenis buku pendidikan dan pengetahuan umum," ujarnya.
    Upaya untuk meningkatkan minat baca pihak perpustakaan, pihaknya telah melakukan antara lain sosialisasi pentingnya membaca. Sosialisasi dilakukan baik melalui media masa, serta mengikuti maupun menyelenggarakan pameran.Semua pihak tidak henti-hentinya mensosialisasikan dan membantu upaya pemerintah Kabupaten Cirebon dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat. GYO/HEN (C.12)
 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger