' Mengejar Kedaulatan Pangan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Mengejar Kedaulatan Pangan

Mengejar Kedaulatan Pangan

Written By dodi on Wednesday, July 11, 2012 | 3:55 PM

MUNCULNYA kehawatiran krisis lahan pangan di tanah air, membuat pemerintah Indonesia tersadar. Bahkan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, bahwa pemerintah sedang membentuk tim pengadaan dua juta hektar lahan yang akan digunakan untuk pertanian. Katanya tujuannya agar kedaulatan pangan dapat tercapai.

"Saat ini sedang dibentuk tim lintas departemen yang akan mencari lahan baru untuk pertanian sebanyak total dua juta hektar, hal ini dilakukan agar kedaulatan pangan dalam jangka panjang bisa tercapai" kata Hatta Rajasa di Jakarta, Selasa (10/7).

Menurut Hatta, tim tersebut akan memberikan laporan paling lambat tiga bulan setelah terbentuk. Sementara itu, Menteri Pertanian Suswono secara terpisah juga membenarkan pernyataan Menko Perekonomian tersebut.

"Banyak departemen dan kementerian yang akan terlibat dalam tim tersebut, di antaranya adalah Kementerian Pertanian, Kementerian Dalam Negeri, Badan Pertanahan Nasional, dan juga Kementerian Pekerjaan Umum," kata Suswono.

Menurutnya, petani-petani lokal masih sulit berkembang atau menjadi sejahtera karena kekurangan lahan. Sementara saat yang bersamaan tanah produktif masih banyak. "Pencarian lahan pertanian ini juga sesuai dengan komitmen pemerintah untuk menjalankan reformasi agraria dan prioritas pembangunan yang ke lima," kata Suswono.AN/RED
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger