' Membina Pendekar Memelihara Budaya Leluhur - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Membina Pendekar Memelihara Budaya Leluhur

Membina Pendekar Memelihara Budaya Leluhur

Written By dodi on Thursday, July 12, 2012 | 8:00 AM

DI SAMPING pembinaan olahraga bela diri, bimbingan kepada satria dan pendekar silat adalah merupakan langkah konkrit memelihara budaya leluhur.  

Seperti baru baru ini, sebanyak 319 satria dan pendekar silat dari 23 perguruan pencak silat di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, telah mengikuti kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup XI 2012, di gedung Sport Hall Adiarsa.

"Kejuaraan pencak silat ini dibagi menjadi dua kategori, yakni remaja dan dewasa. Total peserta sebanyak 319 satria dan pendekar silat dari 23 perguruan tinggi," kata Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Cabang Karawang, Sonny Gersona, di Karawang.

Dikatakannya, untuk kejuaraan pencak silat kategori remaja diikuti 157 peserta, terdiri dari 86 putra dan 77 putri. Sedangkan kategori dewasa diikuti oleh 138 peserta, terdiri dari 98 putra dan 40 putri.

Menurut dia, seperti tahun-tahun sebelumnya, pihaknya kini kembali menggelar kejuaraan pencak silat se-Karawang, walaupun masih banyak keterbatasan.

Ia menilai, pencak silat di Karawang memiliki potensi yang luar biasa. Sesuai dengan catatannya, hingga kini terdapat sekitar 10.000 satria dan pendekar silat di Karawang.

"Kegiatan kejuaraan ini juga merupakan upaya Pengcab IPSI Cabang Karawang dalam meningkatkan kualitas dan membina bibit atlet pencak silat di Karawang," kata Sony.

Bupati Karawang, Ade Swara, yang hadir dalam Kejuaraan Pencak Silat itu berharap agar kejuaraan pencak silat kali ini menjadi langkah yang baik untuk mengembangkan dunia persilatan di Karawang. Sebab melalui kejuaraan ini, para satria dan pendekar muda bersaing secara sehat guna meraih prestasi.

Ia mengingatkan, pencak silat itu tidak hanya mengedepankan aktivitas fisik, tetapi juga tertanam aktivitas pembinaan rohani. Sebab sehat jasmani perlu diikuti pula dengan kondisi rohani yang sehat.YAS

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger