' LINGKAR JABAR Gelar Workshop Jurnalistik dan Rakor Redaksi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » LINGKAR JABAR Gelar Workshop Jurnalistik dan Rakor Redaksi

LINGKAR JABAR Gelar Workshop Jurnalistik dan Rakor Redaksi

Written By dodi on Monday, July 16, 2012 | 8:00 AM

KAB.BOGOR (LJ) –Harian Umum (HU) LINGKAR JABAR menggelar Workshop Jurnalistik dan Rapat Koordinasi (Rakor) Redaksi dengan  Perwakilan se Jawa Barat, di The Green Hotel, Gadog - Ciawi Kabupaten Bogor Bogor, Jawa Barat,kemarin.

Kegiatan pemahaman Jurnalistik yang diikuti 50 peserta dari seluruh Kepala perwakilan HU Lingkar Jabar di wilayah Jabar, dari Bekasi, Cianjur, Sukabumi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Purwakarta, Cirebon, Subang,Indramayu, Kuningan, Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Banjar, dan Majalengka,serta wartawan Depok, Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, diberikan materi pemahaman tentang pedoman tehnik penulisan berita, kode etik jurnalstik, UU No.40 tahun 1999 tentang Pers, Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) RI No.13 Tahun 2008 mengenai sengketa Pers dan hak jawab serta Hasil verifikasi mengenai satndart organisasi profesi wartawan yang dikeluarkan oleh Dewan pers.

Acara kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut menghadirkan Praktisi Media dan Dosen Komunikasi IPB dan UNPAK Bogor, David Rizar Nugroho tentang manajemen keredaksian. Selain itu, Praktisi agraria Enang Sutriyadi sekaligus pengasuh rubrik yang setiap hari terbit di HU Lingkar Jabar memberikan materi tentang informasi pertanahan.

Pembicara intern yakni, Pemimpin Umum HU. Lingkar Jabar Piyarso Hadi juga memberikan pemahaman tentang UU Pers, Kode Etik Jurnalistik, SEMA RI dan standar organisasi profesi wartawan. Sedangkan Untuk memperkuat jajaran keredaksian, maka bagi seluruh wartawan daerah HU. Lingkar Jabar diberikan materi tentang standar dan pedoman penulisan berita oleh Redaktur Pelaksana Muhamad Basir dan Redaktur Abdul AZis Panjaitan.

Sementara dari pihak manajemen HU Lingkar Jabar yang diwakili oleh Pemimpin Perusahaan, Farida Paradwikorijaty juga memberikan materi mengenai legalitas dan company profil HU Lingkar Jabar,serta manajemen marketing, sirkulasi dan iklan yang disampikan oleh Koordinator Iklan dan Sirkulasi, Saleh Nurangga.

Ketua Panitia Pelaksana Muhamad Basir dalam laporannya mengatakan, bahwa perwakilan daerah HU LINGKAR JABAR, merupakan sarana untuk saling bertukar informasi antara Redaksi dengan para perwakilan daerah untuk membangun sinergi dalam melaksanakan tugas, baik untuk kepentingan keredaksian dan perusahaan media.

"Marilah kita tetap bersemangat dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme saat menjalankan tugas jurnalistik. Dalam era keterbukaan informasi saat ini, adalah era yang sangat rentan bagi masyarakat. Karena tidak semua informasi yang diterima dan didapat semuanya berisi informasi positif," katanya.


Pemimpin Redaksi HU LINGKAR JABAR, Coky Pasaribu berharap, para peserta dapat memanfaatkan kegiatan Worskhop jurnalsitik dan Rakor ini, sebagai sarana penyegaran dalam menjalankan aktifitas rutinnya selaku jurnalis."Saya paham betul, kalau profesi wartawan saat ini sangat berbeda jauh dengan sebelum era reformasi yang ditandai era kebebasan pers, " ujarnya.

Dalam era kebebasan pers sekarang ini, maka berbagai informasi tidak hanya melalui media koran cetak, tapi juga media televisi maupun online. Dengan demikian media cetak sekarang ini tidak lagi menjadi satu-satunya sumber informasi, karena masyarakat sekarang dihadapkan berbagai pilihan sarana untuk memperoleh informasi. Untuk itu perlu berinovasi untuk terus meningkatkan kualitas pemberitaan.

Dalam kesempatan itu, salah seorang wartawan senior HU. Lingkar Jabar yang juga Kepala Perwakilah Wilayah Cirebon HU. Lingkar Jabar, H.Subagio, juga memberikan job dan kiat-kiat mengenai suka duka pengalamannya  dalam menjalankan tugas jurnalistik dan pengembangan usaha media massa di daerah yang dilakukannya selama puluhan tahun jauh sebelum era reformasi. "Usia saya sudah tujuh puluh empat tahun, akan tetapi saya tidak pernah patah semangat dalam menekuni dan mencitai profesi saya sebagai jurnalis," kata mantan wartawan Group Pos Kota,Harian AKSI tersebut. ALI.   
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger