' Kuwu Dirut, Memajukan Desa Galagamba - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Kuwu Dirut, Memajukan Desa Galagamba

Kuwu Dirut, Memajukan Desa Galagamba

Written By dodi on Monday, July 30, 2012 | 8:00 AM

KAB. CIREBON (LJ) - Kala mangsa Tiga Dasa Warsa Langkung (Bahasa Cirebon Kuno, yang artinya 30 tahun lebih), masyarakat Desa Galagamba Kecamatan Ciwaringin-Kabupaten Cirebon, mengalami keprihatinan. Tidak ada yang memperhatikan, memperdulikan, dan memikirkan tentang masyarakatnya. Meski sudah berkali-kali ganti Pemimpin, tetap saja tidak ada perubahan, bahkan semakin tertinggal saja oleh warga-warga desa sekitarnya. 

Karenanya warga setempat sangat mengharapkan dan mendambakan datangnya seorang Satriya Pinunjul yang arif serta memahami kebutuhan atau keinginan warganya. Berbarengan dengan itu, muncul Rasdira yang akrab dipanggil Dirut, dalam Pemilihan Kuwu (Pilwu) tahun 2011 yang lalu. Pada waktu kemunculannya, banyak masyarakat yang meragukan kemampuan Dirut untuk memimpin Desa Galagamba dan membenahi carut marutnya administrasi Pemerintahan Desa.

"Tiap tahunnya Pajak Bumi dan Bangunannya (PBB) selalu nunggak, begitu juga kondisi jalan lingkungan yang bagaikan sebuah Desa Tempo dulu, apalagi Kantor Desanya yang terlihat kumuh, kotor, dan tidak terurus," kata Sukari, warga blok Dukumire Desa Galagamba yang selama ini di Bloknya merasa dianak tirikan alias tidak ada perhatian sama sekali dari Pemerintah Desa dan Pemerintah Kabupaten Cirebon, kepada LINGKAR JABAR di kediamannya baru-baru ini.

Dijelaskan Sukari, kemunculan Dirut disaat mengikuti Pilwu Desa Galagamba, bersaing dengan konstestan lain, dianggap sebagian besar masyarakat Galagamba adalah sebagai pertanda munculnya Satria Pinunjul. Karena selama ini Dirut dikenal sebagai warga sangat loyal, penuh pengertian terhadap siapapun. Tak heran, disaat penghitungan suara, hasilnya terpaut jauh mengungguli konstestan lain. Sehingga terpilihlah Dirut sebagai Pemimpin Desa (Kuwu).

Bertepatan dengan peringatan satu tahun Dirut jadi Kuwu, papar Sukari, semua masyarakat diundang dalam rangka acara syukuran sekaligus penyampaian hasil pembangunan di desanya selama Dirut memimpin. Dalam acara itu, Dirut menjelaskan kepada masyarakat, "Berangkat dari rasa keprihatinan inilah, sejak saya terpilih jadi kuwu Galagamba setahun yang lalu, saya merasa terpanggil untuk mewujudkan keberadaan Jalan Poros Galagamba Winong yang selama ini hanya merupakan harapan atau keinginan masyarakat".

Tentu saja, tambah Dirut, hal ini tidaklah mudah juga memerlukan kerja ekstra keras. Karena pendapatan asli desa (PAD) saja setahun hanya 30 juta-an, masih kotor lagi. Jadi apanya yang mau diharapkan dari PAD itu. Dirut pun mengaku harus pandai, harus tekun, ulet, terutama kemampuan yang disertai niat yang serius untuk membangun desanya, Alhamdulillah, berkat ridho dan pertolongan dari Allah SWT, tahun 2012 bertepatan dengan hari ulang tahun pertama dirinya menjadi Kuwu Galagamba, hampir semua program kerja yang telah ditetapkan Pemerintah Desa Galagamba dapat diselesaikan tepat waktu.

"Seperti Jalan Poros Galagamba Winong, jalan-jalan lingkungan atau jalan-jalan gang yang ada di blok-blok, semuanya telah selesai dihotmiks. Semuanya ini didanai dari APBD senilai lebih kurang 99 juta-an. Dan untuk Pemagaran tembok Kantor Kuwu Galagamba, didanai dari anggaran Dapil Partai politik, dan dari Pendapatan Asli Desa (PAD), pemagaran tembok Kantor Kuwu menghabiskan anggaran senilai lebih kurang 35 juta-an. Dan pada 2013, kita akan merenovasi Kantor Kuwu, karena sarana dan prasarana yang lain sudah bagus,” ujarnya.

Secara terpisah, Camat Ciwaringin Drs. Suhartono mengatakan kiprah Kuwu Galagamba perlu mendapatkan apresiasi dan patut dicontoh atau teladan bagi kuwu-kuwu lain di Kecamatan Ciwaringin. "Kami pernah lihat keadaan desa Galagamba sekarang, sudah sangat bagus. Kewajiban membayar PBB nya sekarang sudah lunas dan sementara untuk desa-desa lain masih banyak yang masih belum memenuhi target,” kata Suhartono. KHOLIL  

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger