' KPUD Purwakarta Belum Lakukan Ferivikasi DP4 Ke DPS - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » KPUD Purwakarta Belum Lakukan Ferivikasi DP4 Ke DPS

KPUD Purwakarta Belum Lakukan Ferivikasi DP4 Ke DPS

Written By dodi on Tuesday, July 31, 2012 | 8:00 AM

KAB.PURWAKARTA (LJ).- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Purwakarta, akan berkonsultasi dengan KPU Pusat, terkait belum adanya panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan (Panwascam). Dengan demikian, KPUD belum bisa melakukan verifikasi daftar penduduk potensial pemilu (DP4) menjadi daftar pemilih sementara (DPS).

“Sampai saat ini KPUD belum melakukan pemutakhiran DP4. Hal itu berkaitan dengan belum terbentuknya  Panwascam,” terang Deni Ahmad Haidar Ketua KPUD Kabupaten Purwakarta di kantor KPUD Jalan Flamboyan Purwakarta, Senin (30/7) berkaitan dengan adanya data ganda hingga mencapai 15.000 pemilih pada DP4.

Dikatakan, KPUD masih menunggu hasil konsultasi dengan sejumlah lembaga terkait terutama KPU Pusat, untuk meminta petunjuk perlu tidaknya dilanjutkan tahapan pemilu sebelum panwascam terbentuk. Sehingga tahapan pemilu, saat ini baru sampai pada pemutakhiran daftar penduduk potensial pemilu (DP4) menjadi DPS.

Penyortiran utama DP4 menjadi DPS, sambung Deni, nanti akan dilakukan langsung oleh panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa masing-masing melalui proses pencocokan dan penelitian (coklit). Hal ini sudah menjadi prosedur dimana sebelum dikirim ke PPS, data pemilih harus diolah terlebih dulu di KPUD.

Sistem pengolahannya-pun, lanjut dia, akan diberitahukan ke panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purwakarta. Oleh sebab itu, pihaknya kini tengah melakukan ferivikasi  terkait ditemukannya 15.000 pemilih ganda dan 7.000 pemilih yang sudah meninggal namun masih tercantum dalam DP4.

Seperti diketahui, KPUD telah menerima DP4 dari Pemkab Purwakarta pada 18 Juli 2012 lalu. dari daftar yang diterimnanya itu, ditemukan pemilih ganda dan nama pemilih yang sudah meninggal dunia namun masih tercantum dalam DP4. Dengan ditemukannya
permasalahan tersebut, menjadi kerja ekstra bagi KPUD Purwakarta untuk mendapatkan akurasi data.

Sementara dalam daftar penduduk potensial pemilu (DP4) diketahui bahwa jumlahpemilih di Kabupaten Purwakarta tercatat sebanyak 695.852 orang terdiri dari 349.073 pemilih laki-laki dan 346.779 pemilih perempuan. Namun setelah ditemukan daftar pemilih ganda dan nama yang sudah meninggal, KPUD memprediksi jumlahnya akan bertambah.YAS

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger