' Kendaraan Dinas Berplat Hitam Ditertibkan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Kendaraan Dinas Berplat Hitam Ditertibkan

Kendaraan Dinas Berplat Hitam Ditertibkan

Written By dodi on Monday, July 2, 2012 | 8:00 AM

KAB.PURWAKARTA (LJ) -  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta Drs Dadan Koswara menyatakan, dirinya akan kembali melayangkan surat edaran terkait penertiban kendaraan dinas yang menggunakan plat nomor hitam. Hal itu dilakukan, karena sampai saat ini masih ada kendaraan dinas yang menggunakan plat nomor hitam.

“Kami akan kembali melayangkan surat edaran yang ditujukan ke organisasi perangkat daerah agar setiap kendaraan dinas tidak menggunakan plat nomor hitam,” kata Dadan Koswara disela-sela Fastival Egrang yang digelar Pemkab Purwakarta dalam rangka memecahkan rekor Muri yang diikuti sekitar 15.000 peserta, belum lama ini.

Dikatakan, maraknya kendaraan dinas di Kabupaten Purwakarta yang menggunakan plat nonor hitam, mendorong Pemkab Purwakarta untuk segera menertibkan masalah tersebut. Bahkan sudah dua kali pihaknya menerbitkan surat edaran yang ditujukan kepada para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) se Kabupaten Purwakarta.

Lebih lanjut Sekda setempat menegaskan, bahwa penggunaan plat nomor hitam yang digunakan oleh kendaraan dinas operasional milik Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, mendapat sorotan. Bahkan berbagai tanggapan berupa kritikan tajam dari masyarakat. Akibatnya bagian aset daerah DPKAD harus berupaya agar kendaraan tersebut tetap menggunakan plat nomor dinas.

"Upaya penertiban plat nomor hitam terus dilakukan. Salah satunya seperti dilakukan oleh petugas dari DPKAD yang melakukan penyemprotan warna merah terhadap kendaraan yang didapati menggunakan plat nomor hitam. Upaya tersebut, sebagai langkah agar tidak ada OPD yang menggunakan kendaraan operasional dinas memakai plat nomor hitam," katanya.

Sementara surat edaran kedua yang ditandatangani Sekda Purwakarta Drs Dadan Koswara, Nomor 024/1359/DPKAD tentang penertiban plat nomor kendaraan dinas, tertanggal 31 Mei 2012, bertujuan untuk tertib adminsitrasi dan penggunaan barang milik daerah terutama kendaraan dinas operasional, masih belum mendapat tanggapan serius.

Padahal, surat yang ditujukan kepada para kepala OPD tersebut isinya menekankan, agar para Kepala OPD selaku pengguna barang dapat memberikan sikap tauladan bagi masyarakat. Yakni dengan cara memanfaatkan fasilitas kendaraan dinas operasionalnya sesuai ketentuan dan peruntukannya, lalu tidak menggunakan plat nomor yang tidak terdaftar (hitam).

Kondisi ini menurutnya sangat disayangkan. Sebab dalam surat edaran tersebut tidak tertulis sanksi bagi pelanggar yang menggunakan plat nomor hitam. Sehingga, meskipun sudah dua kali diterbitkan, namun surat edaran itu nampaknya masih belum digubris oleh sejumlah OPD. Termasuk anggota Dewan yang seharusnya memberikan contoh kepada masyarakat.YAS


Keterangan foto :

PLAT HITAM : Meskipun sudah dua kali diterbitkan surat edaran larangan, masih tanpak salah satu kendaraan dinas menggunakan plat no hitam. TRYAS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger