' Kemeneg Pembangunan Daerah Tertinggal Kucurkan Rp11 Milyar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Kemeneg Pembangunan Daerah Tertinggal Kucurkan Rp11 Milyar

Kemeneg Pembangunan Daerah Tertinggal Kucurkan Rp11 Milyar

Written By dodi on Tuesday, July 24, 2012 | 8:00 AM

SUKABUMI (LJ)-Kementerian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) kucurkan dana bantuan sebesar Rp 11 milyar untuk pemerintah kabupaten Sukabumi, dana tersebut diperuntukan untuk percepatan pembangunan desa tertinggal berbasis perekonomian lokal.

Kucuran dana tersebut diserahkan langsung Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal, Helmy Faishal Zaini kepada bupati Sukabumi, Sukmawijaya, saat acar safari Ramadhan di Pondok Pesantren Anidzom Salabintana, Kec.Sukabumi, kemarin. Hadir dalam acara, segnap pejabat OPD dan para camat di wilayah selatan Sukabumi.

Meneg PDT, Helmy Faishal Zaini mengatakan, untuk menyikapi kesenjangan pembangunan suatu daerah, hal yang perlu dilakukan adalah menggerakan perekonomian masyarakat tertinggal dengan berbasis pada perekonomian lokal. Sebagai kelengkapannya, pemerintah akan membangun infrastruktur pendukung guna mengoptimalisasi pengelolaan sumberdaya potensial dan distribusi produk unggulan yang dihasilkan daerah tertinggal.

Upaya ini sejalan dengan strategi dasar pembangunan daerah tertinggal yang ditetapkan melalui 4 pilar utama Ke-empat pilar tersebut, adalah kemandirian melalui pengembangan ekonomi lokal, pemberdayaan masyarakat dan penyediaan sarana dan prasarana pedesaan.

"Upaya lainnya adalah dengan pemanfaatan potensi wilayah melalui peningkatan investasi daerah, pemberdayaan usaha kecil menengah dan dunia usaha serta pengembangan kawasan produksi," jelasnya.

Sementara Bupati Sukabumi, Sukmawijaya mengaku sejak tahun 2005, jumlah warga miskin di wilayahnya sudah mulai menurun, bahkan setiap tahunnya terjadi penurunan sampai 1,5 persen. Dengan penurunan jumlahw arga miskin ini, posisi kabupaten Sukabumi kini berada pada urutan 20 besar dari 26 kabupaten yang tertinggal di propinsi Jawa Barat.

"Hal ini membuktikan, kalau Sukabumi bukan daerah yang berada pada urutan terakhir atau terbawah. Untuk menaikkan peringkat, kami membutuhkan keberpihakan pemerintah pusat untuk membantu pengentasan desa tertinggal," harap bupati. (HEP/HUM)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger