' Kemdibud Rencanakan Penambahan Perguruan Tinggi di Jabar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Kemdibud Rencanakan Penambahan Perguruan Tinggi di Jabar

Kemdibud Rencanakan Penambahan Perguruan Tinggi di Jabar

Written By dodi on Monday, July 2, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso mengatakan, bahwa jumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jawa Barat masih jauh dari angka ideal. Dikemukakannya, saat ini hanya ada enam PTN di Jawa Barat dengan jumlah penduduk pada rentang usia 19-22 tahun yang cukup tinggi.
Perbandingan jumlah mahasiswa dibanding jumlah penduduk usia kuliah di Jabar, kata Djoko, berkisar pada angka 18 persen. Adapun, untuk tingkat nasional mencapai 27 persen.

"Daerah Jabar masih di 18 sekian persen, itu rendah karena nasional totalnya 27 persen. Penyebabnya sekolahnya terlalu sedikit daya tampungnya," ujar Djoko, seusai membuka Kontes Robot Indonesia tingkat nasional di Sasana Budaya Ganesha Institut Teknologi Bandung, Sabtu (30/6). Menurutnya, idealnya terdapat 14 PTN di Jawa Barat yang terdistribusi merata di 26 kabupaten/kota.

"PTN di Jawa Barat lebih sedikit dibanding di Jawa Tengah, sedangkan paling banyak di Jawa Timur lebih dari sepuluh. Jawa Barat yang jumlah penduduknya lebih banyak dari Jawa Timur idealnya mungkin bisa sampai 14," katanya seraya menambahkan, Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud mendukung penuh upaya penambahan PTN di Jawa Barat, mulai dari pesisir utara di kawasan Cirebon hingga wilayah Kuningan dan Ciamis yang berbatasan dengan Jawa Tengah.
"Anggaran kalau pemerintah niat pasti ada. Sekarang kita sedang proses," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat Denny Juanda mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang mengupayakan pengalihan status empat perguruan swasta di wilayah Jawa Barat menjadi PTN. Empat perguruan tinggi itu adalah Universitas Siliwangi di Kota Tasikmalaya, Politeknik Sukabumi di Kota Sukabumi, Universitas Swagati di Kota Cirebon, dan Universitas Singaperbangsa di Kabupaten Karawang.

Denny mengatakan, pengalihan status menjadi PTN yang didanai seluruhnya oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu, masih terkendala pembebasan lahan. Untuk menjadi PTN yang daya tampungnya minimal 10 ribu mahasiswa, masing-masing perguruan tinggi itu harus memiliki lahan minimal seluas 30 ribu hektar. "Semua diproyeksikan selesai 2012, tetapi ada pembebasan lahan belum selesai di empat lokasi itu. DPRD sudah setuju, tinggal percepatan proses di lokasi," papar Denny. FER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger