' Kekeringan Mulai Melanda Kecamatan Cariu - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Kekeringan Mulai Melanda Kecamatan Cariu

Kekeringan Mulai Melanda Kecamatan Cariu

Written By dodi on Monday, July 30, 2012 | 8:00 AM

KAB.BOGOR (LJ) - Musim kemarau yang berkepanjangan, mulai melanda Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.Sejumlah kawasan pertanian dan desa mulai dilanda kekeringan. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, warga setempat, terpaksa memanfaatkan air, dari Kali Cibeet yang melintasi wilayah tersebut.

"Buat kebutuhan mandi dan cuci, kami terpaksa mengambil air dari Kali Cibeet yang lokasinya lumayan cukup jauh dari rumah. Semua sumur warga, disini sudah mengalami kekeringan," ucap Warsih, warga kampung tonjong Cariu, kepada LINGKAR JABAR, Minggu, (29/7), kemarin.

Dilain tempat keluhan dilontarkan seorang petani, Endang, warga Jalan Tonjong,dia menyatakan, kemarau yang berkepanjangan, membuat areal pertanian mengalami kekeringan. Dampak kekeringan sangat terasa bagi warga setempat, apalagi saat akan panen ini, petani muali kesulitan air. "Sangat ironis, kekeringan begitu terasa dilokasi kami. Bahkan,kami dan warga sekitar mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. Saya berharap ada perhatian khusus dari pemerintah setempat," pintanya.

Endang menyatakan,akibat krisis air bersih,telah memaksa warga menggunakan air mineral untuk kebutuhan masak dan minum. Hal ini, menyebabkan pengeluarkan warga semakin tinggi.Meski di Cariu sudah di bangun PDAM, tapi sampai sekarang belum juga maksimal.

"Kita berharap, PDAM segera beroperasi memasok air bersih ke pemukiman warga. Sehingga di masa mendatang, warga tidak dihadapkan lagi dengan krisis air bersih, seperti yang terjadi saat ini," imbuhnya.

Beberapa pedagang air mineral isi ulang, yang berada di Kecamatan Cariu, mengakui dalam beberapa minggu belakangan ini, omzet penjualan mereka mengalami peningkatan. "Warga belanja air mineral, tidak hanya sekedar untuk air minum. Namun, digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari," kata, H. Ujang, seorang pedagang, air mineral di Cariu. S (ADE/DRI)


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger