' Kejaksaan Masih Cari Tersangka Tambahan Kasus Suap - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Kejaksaan Masih Cari Tersangka Tambahan Kasus Suap

Kejaksaan Masih Cari Tersangka Tambahan Kasus Suap

Written By dodi on Tuesday, July 17, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG - Setelah mendapat limpahan perkara kasus suap AS--Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Bogor-Jawa Barat--dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar bergerak cepat melakukan pengusutan sejak kemarin. Hingga kemarin malam, penyidik kejaksaan sudah meminta keterangan empat orang, Kepala KPP Bogor Anggrah Suryo dan pegawai PT Gunung Emas Abadi, Endang Diah Lestari, yang sudah ditetapkan sebagai tersangka, kemudian sopir Endang serta petugas KPK yang melakukan penangkapan.

Meski begitu, Kejati belum mengarah kepada tersangka baru. "Sampai sekarang masih keempat orang itu, belum ada tersangka baru," ujar Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Yuswa Kusumah di Kantor Kajati Jawa Barat, Bandung.
Anggrah dan Endang, lanjut Yuswa, saat ini menjalani penahanan selama 20 hari di rumah tahanan Kebonwaru dan LP Sukamiskin.

Apabila tidak ada perkembangan tersangka baru dari penyidikan, kata dia, maka Kejaksaan Tinggi Jawa Barat langsung melimpahkan perkara tersebut ke Pengadilan Negeri Bandung. "Kalau memang tidak ada pengembangan lagi kita langsung mungkin sebelum 20 hari selesai langsung melimpahkan ke pengadilan untuk disidangkan," ujar Yuswa.

Sebelumnya, Kepala Seksi Penyidikan Pidana Khusus Kejati Jabar Iwan Catur, pihaknya hingga kini masih melakukan pemeriksaan terhadap barang bukti di antaranya dokumen pendukung terkait kasus kasus suap senilai Rp300 juta dengan tersangka AS dan EDL. Dikatakannya, selain masih meneliti dan memeriksa beberapa barang bukti, pihaknya masih melakukan investigasi dokumen pendukung yang terkait langsung dengan kasus tersebut.

"Di samping itu, tim jaksa penyidik (Kejati Jabar) tengah mengatur strategi (pengembangam penyidikan). Ini kan (strategi) sifatnya rahasia, sehingga tidak dipublikasikan dan hanya anggota tim jaksa penyidik kasus ini," jelasnya. Dari hasil pengembangan penyidikan sementara, tim penyidik belum bisa memastikan adanya tersangka lain dalam kasus tersebut.

"Soal ada dan tidaknya tersangka lain kami belum bisa mengungkapkan, karena pengembangan penyidikan masih dilakukan. Tunggu saja hasil penyidikan lebih lanjut, termasuk pemeriksaan terhadap saksi Sunyoto, pegawai PT Gunung Emas, yang bergerak di bidang pertambangan," tutur Iwan.

Seperti diketahui, tersangka Anggrah, Endang, dan saksi Sarnyoto ditangkap petugas KPK di halaman parkir perumahan Legenda Wisata dan Kota Wisata Cibubur pada Jumat (13/7) saat tengah melakukan transaksi suap. KPK juga menyita sejumlah barang bukti di antaranya uang tunai Rp300 juta.  KPK kemudian melimpahkan kasus tersebut ke Kejaksaan Agung yang kemudian meneruskannya ke Kejati Jawa Barat. HER/CPS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger