' Kaleran, Perpaduan Kultur Cirebon, Priangan dan Betawi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Kaleran, Perpaduan Kultur Cirebon, Priangan dan Betawi

Kaleran, Perpaduan Kultur Cirebon, Priangan dan Betawi

Written By dodi on Friday, July 20, 2012 | 4:21 PM

Kultur Kaleran terletak memanjang di tepi Pantai Utara Pulau Jawa, mulai dari daerah Bekasi, Subang, dan Karawang. Kultur ini merupakan perpaduan dari kultur Cirebon, Kultur Priangan, dan pengaruh dari Betawi. Sifat dan temperamen masyarakat pantai yang terbuka melahirkan berbagai kreativitas seni budaya yang berkarakter erotik.

Daerah Karawang terkenal dengan Banjet dan Tanji, Subang terkenal dengan Gotong Singa, Bekasi terkenal dengan Topeng Tambun, serta kesenian-kesenian lain yang melengkapi potensi budaya daerah Jawa Barat. Kesenian dapat diartikan sebagai hasil karya manusia yang mengandung keindahan dan dapat diekspresikan melalui suara, gerak, ataupun ekspresi lainnya.

Jawa Barat memiliki sejumlah asset seni budaya yang potensial, antara lain meliputi karawitan, teater, seni tari, seni rupa, dsb. Menurut jenisnya Jawa Barat memiliki 391 jenis seni pertunjukkan yang diolah oleh sekitar 49.023 seniman atau 3.424 organisasi seni dan tersebar di 25 kabupaten/kota.

Pelestarian, pengembangan, serta pemanfaatan asset seni budaya Jawa Barat secara resmi telah ditetapkan dalam Perda Propinsi Jawa Barat nomor 6 tahun 2003 tentang Pemeliharaan Kesenian, dan diundangkan dalam Lembaran Daerah Tahun 2003 nomor 6 Seri E. Dimana Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Barat merupakan Dinas yang bertanggung jawab di bidang pemeliharaan kesenian.

Secara terus menerus Dinas Kebudayaan dan Pariwisata berusaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pemeliharaan kese-nian tradisional, kontemporer, maupun modern sebagai salah satu sumber kekuatan peta budaya daerah Jawa Barat dan sekaligus dapat dijadikan daya tarik wisata yang cukup menawan. DOD 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger