' Jeratan Rentenir Dapat Dilawan oleh Koperasi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Jeratan Rentenir Dapat Dilawan oleh Koperasi

Jeratan Rentenir Dapat Dilawan oleh Koperasi

Written By dodi on Wednesday, July 25, 2012 | 8:00 AM

GARUT - Anggota komisi VI DPR, A Muhajir, mengungkapkan, salah satu cara melawan keberadaan rentenir harus dengan membentuk koperasi untuk sarana berwirausaha dan menguatkan jaringan usaha dengan meminjam modal ke koperasi, bukannya ke rentenir yang bermodus bank keliling.

"Masyarakat sudah seharusnya membentuk suatu kelompok untuk membuat koperasi, agar tidak terjerat pinjaman uang rentenir," kata Muhajir, di Garut, Jawa Barat, Selasa. Sekarang, menurutnya, rentenir sudah masuk ke setiap rumah tangga. "Hal itu saya kira sudah parah, makanya harus segera dicegah," katanya.

Menurut dia, cara rentenir itu sudah bertindak keterlaluan yang akhirnya banyak masyarakat terjerat dalam hutang kepada rentenir. "Ada pengakuan warga yang meminjam uang ke rentenir, terus tidak bisa bayar, kemudian diminta harus membayar dengan mencari warga lain untuk mau meminjam uang," katanya.

Mengatasi keberadaan rentenir tersebut, Muhajir berharap masyarakat bisa membentuk koperasi dan mempertahankan diri untuk tidak pinjam uang kepada rentenir. Sebab dengan menjadi anggota koperasi, maka akan bisa memperoleh banyak manfaat, tak cuma bisa mendapat bantuan modal usaha.

"Nanti masyarakat harus bisa menjadi anggota aktif koperasi, bisa menjalankan koperasi agar terus maju, maka saya yakin kedepan tidak ada lagi yang terjerat hutang rentenir," kata anggota Komisi VI DPR yang membidangi Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan, Persaingan Usaha dan BUMN. DEN
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger