' Jelang Ramadhan, Harga Sembako Pasar Tradisional Naik - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Jelang Ramadhan, Harga Sembako Pasar Tradisional Naik

Jelang Ramadhan, Harga Sembako Pasar Tradisional Naik

Written By dodi on Wednesday, July 11, 2012 | 3:57 PM

MENJELANG Bulan Suci Ramadhan harga sejumlah kebutuhan pokok di tujuh pasar Kota Bogor, Jawa Barat mulai mengalami kenaikan.

Berdasarkan laporan mingguan Dinas Perindustrian Perdagangan Kota Bogor, kenaikan di tujuh pasar tradisional yang terjadi rata-rata Rp500 hingga Rp1.000.

"Ada kenaikan harga, tapi tidak terlalu signifikan. Kenaikan masih bisa diimbangi," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor, Eddy S Warsa, kepada LINGKAR JABAR, kemarin.

Menurut dia, kenaikan harga menjelang Ramadhan rutin terjadi hal ini didorong karena permintaan dan ketersediaan barang di pasaran.

Setiap menjelang Ramadhan, kebutuhan masyarakat meningkat dibanding bulan-bulan biasanya. Ini yang mendorong kenaikan harga di pasaran.

Berdasarkan laporan mingguan Disperindag Kota Bogor kenaikan harga terjadi pada beras dari Rp10.500 menjadi Rp11.000, minyak goreng dari Rp10.000 menjadi Rp10.500, daging naik Rp1.000 dari Rp70.000 menjadi Rp75.000.

"Untuk beras masih normal antara Rp6.500 dan Rp7.000, kenaikan juga terjadi pada cabe rawit merah dari Rp15.000 menjadi Rp25.000," katanya.

Eddy mengatakan, secara berkala pihaknya melakukan pemantauan harga di tujuh pasar tradisional di Kota Bogor.

Mengantisipasi kenaikan harga yang signifikan pada bulan Ramadhan, pihaknya akan menyiapkan operasi pasar yang diperuntukkan bagi tiga komoditi yakni beras, gula dan minyak goreng. "Operasi pasar akan dilaksanakan apabila kenaikan harga lebih dari 10 persen," katanya.ALI
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger