' Irfan Suryanegara : Pemprov Harus Optimalkan BUMD Sumber PAD - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Irfan Suryanegara : Pemprov Harus Optimalkan BUMD Sumber PAD

Irfan Suryanegara : Pemprov Harus Optimalkan BUMD Sumber PAD

Written By dodi on Monday, July 23, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG(LJ)-Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Ban Gar DPRD) Prov Jawa Barat meminta Pemprov Jabar lebih kreatif dalam menggali sumber-sumber Pendapatan Anggaran Daerah. Selama ini, sebagian besar sumber PAD adalah dari pajak kendaraan bermotor.

Ketua DPRD Prov. Jabar Irfan Suryanegara mengatakan,pajak kendaraan makin besar salah satunya menunjukkan jumlah kendaraan yang makin banyak. Itu artinya pajak kendaraan ekivalen dengan kemacetan. Belum lagi efek lainnya seperti polusi, konsumsi bahan bakar, dan lainnya.

"Karena itu, kami mendesak, pemprov melakukan terobosan-terobosan, menggali sumber PAD lainnya,"ujarnya kepada wartawan usai Sidang Paripurna Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertangungjawaban Pelaksanaan APBD Prov. Jabar tahun anggaran 2011, di Ruang Paripurna DPRD Jabar, Jln. Diponegoro Kota Bandung.

Lebih lanjut dikatakan polisi muda Partai Demokrat ini terobosan yang dimaksudnya ialah mengoptimalkan peran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) agar menjadi andalan penerimaan pendapatan daerah. "Dengan melibatkan BUMD, kata Irfan, bisa mengantisipasi fluktuasi penerimaan pajak daerah,tutur pria berkacamata ini," jelasnya.

Menurut Irfan, dengan memiliki punya tujuh BUMD,semestinya pemerintah dapat lebih mengoptimalkan perusahaan plat merah daerah tersebut. Misalnya, BUMD ini, dapat memanfaatkan sejumlah sektor untuk kegiatan pemasukan pendapatan asli daerah (PAD), seperti di bidang pertanian, wisata, pertambangan, peternakan, dan lainnya.

"Kalau semua sektor ini dapat dioptimalkan, saya yakin dapat berefek juga dalam perkembangan ekonomi di masyarakat. Terlebih lagi, BUMD-BUMD kita sekarang sudah sehat dan mendapat keuntungan Rp 300-Rp 400 miliar,ungkap Irfan yang juga Ketua Ban Gar DPRD Jabar itu," papar dia.

Ditambahkannya optimalisasi peran BUMD itu merupakan 1 dari 8 rekomendasi Ban Gar DPRD Jabar terhadap Pemprov Jabar. Rekomendasi lainnya, Ban Gar meminta pemprov melakukan kajian mendalam tentang potensi pendapatan daerah, konsisten melaksanakan rekonsialiasi soal data potensi sumber daya alam sehingga bisa mengoptimalisasi penerimaan dana bagi hasil pajaknya, meningkatkan daya serap anggaran, menata dan menyelamatkan aset tidak bergerak (tanah dan bangunan) melalui inventarisasi, sertifikasi dan penguasaan fisik, membenahi piutang di lingkungan OPD (organisasi perangkat daerah), serta menjaga konsistensi pelaksanaan mekanisme pelaporan keuangan daerah agar tetap mempertahankan penilaian WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK RI.(FER)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger