' IPM Kab Bandung Peringkat Pertama se Jabar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » IPM Kab Bandung Peringkat Pertama se Jabar

IPM Kab Bandung Peringkat Pertama se Jabar

Written By dodi on Thursday, July 5, 2012 | 8:00 AM

KAB.BANDUNG (LJ)-Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bandung, untuk tahun 2011 berada pada posisi 75,03 atau naik dibandingkan tahun 2010 yang masih 74,30.Pencapaian ini telah menempatkan posisi Kabupaten Bandung, berada pada posisi tertinggi untuk tingkat kabupaten di Jawa Barat.
    "Indeks pendidikan Kabupaten Bandung 2011 mencapai 86,01 atau di atas rata-rata Jawa Barat sebesar 82,92. Langkah yang ditempuh Pemkab Bandung dalam pembangunan dunia pendidikan adalah penyediaan prasarana sekolah, pemerataan penempatan tenaga pengajar, dan pemantapan kurikulum,” ungkap Sekretaris Bappeda Kabupaten Bandung, Ir. Irwan Alisyahbana, M.Si, kepada LINGKAR JABAR, di Soreang Kabupaten Bandung, kemarin.
    Menurutnya, dengan pencapaian indeks sebesar itu, dunia pendidikan di Kabupaten Bandung menjadi penyumbang terbesar dalam peraihan indeks pembangunan manusia (IPM) 2011 sebesar 75,03.  Dilihat dari rata-rata lama sekolah, saat ini di Kabupaten Bandung sudah mencapai 9,15 tahun, sedangkan angka melek huruf sudah mencapai 98,53 persen.
    “Pemkab Bandung juga sangat memerhatikan pemerataan penempatan tenaga guru yang harus diikuti dengan penghargaan, khususnya kepada guru-guru yang ditempatkan di daerah terpencil atau daerah perbatasan. Paling tidak penghasilan guru yang ditempatkan di daerah terpencil harus lebih besar daripada guru yang ada di perkotaan, karena mereka memerlukan biaya transportasi yang lebih besar,“ tandasnya. (FEN)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger