' Inflasi Ramadhan Tahun Ini Cukup Tinggi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Inflasi Ramadhan Tahun Ini Cukup Tinggi

Inflasi Ramadhan Tahun Ini Cukup Tinggi

Written By dodi on Thursday, July 5, 2012 | 8:00 AM

INFLASI di Provinsi Jawa Barat saat Ramadhan, menurut prediksi Bank Indonesia, tahun ini akan mengalami peningkatan cukup tinggi. Kenaikan inflasi tersebut cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal tersebut karena ekspektasi inflasi masyarakat yang memburuk, peningkatan permintaan, serta berkurangnya pasokan komoditas pangan impor.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VI, Lucky Fathul Aziz Hadibrata kepada wartawan dalam jumpa pers yang digelar di Gedung Bank Indonesia, Jalan Merdeka, Rabu (4/7). Dijelaskan, tahun 2011 lalu, sejak bulan (min) -1 hingga (plus) +1 Ramadan, berkisar 3 bulan, terjadi peningkatan inflasi sebesar 1,2 persen. Tahun 2012 ini diprediksi sebesar 1,5 persen sampai 2.0 persen.

"Inflasi menjelang Ramadan ini memburuk, karena permintaan menjelang Ramadhan dan punggahan sudah ada. Selain itu komoditas impor pangan juga ada pengurangan," ujarnya.

Lanjut Lucky, perlu ada pengendalian agar laju inflasi tidak semakin meningkat. Seperti operasi pasar dan menginformasikan kepada masyarakat, bahwa pasokan beberapa bahan makanan sangat memadai, mengingat Jabar adalah sentra produksi seperti daging ayam ras dan cabai merah. "Perlu ada koordinasi dengan dinas dan instansi terkait untuk mengintensifkan operasi pasar dengan pembiayaan APBD sekitar Rp 10 miliar. Bisa juga dengan operasi pasar murah, operasi pasar mobile dengan bulog dan rapel raskin," jelasnya, sembari menegaskan agar masyarakat mengubah pola konsumsi.RED
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger