' Hindari Pungli, Pemkab Cianjur Terbitkan Perda Pemberangkatan Haji - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Hindari Pungli, Pemkab Cianjur Terbitkan Perda Pemberangkatan Haji

Hindari Pungli, Pemkab Cianjur Terbitkan Perda Pemberangkatan Haji

Written By dodi on Monday, July 16, 2012 | 8:00 AM

CIANJUR (LJ) - Masalah pemberangkatan jemaah haji dirasa sangat penting sehingga harus diatur melalui peraturan daerah (perda). Pasalnya, pada pemberangkatan haji terkait dengan besarnya biaya berangkat, dan biaya-biaya lain yang muncul sa’at  sebelum pemberangkatan. Saat ini DPRD Cianjur sedang menggodok pembahasan peraturan daerah (Perda) inisiatif pemberangkatan haji asal Kabupaten Cianjur.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Cianjur Jimmi Perkasa Has mengatakan pembahasan mengenai perda inisiatif pemberangkatan haji ini sedang dibahas, baik melalui hearing dengan kantor Kementerian Agama Kabupaten Cianjur maupun studi komparatif ke berbagai daerah yang sudah membuat Perda ini. “Kami sudah mengeluarkan nota komisi untuk disampaikan kepada pimpinan Dewan dan Badan Legislasi agar secepatnya perda ini dibahas dan bisa masuk sebagai program di 2012 ini,” kata Jimmi kepada wartawan, kemarin.

Jimmi menyebutkan Perda inisiatif ini dianggap perlu lantaran bakal menjadi bentuk kepedulian Pemkab Cianjur dan lembaga wakil rakyat (DPRD) terhadap warganya yang akan berangkat naik haji. Sebab dalam perda itu diatur mengenai ongkos pemberangkatan menuju embarkasi dan sebaliknya.

“Manfaatnya, di satu sisi masyarakat calon jemaah haji akan diringankan kaitan ongkos pemberangkatan dari lokasi pemberangkatan menuju embarkasi dan sebaliknya. Di sisi lain, bupati sebagai kepala daerah bisa ikut serta memberikan dukungan moril melalui program pemberangkatan haji. Saat ini perda inisiatif sudah disampaikan ke Badan Legislasi, tinggal nanti menunggu paripurna panitia khusus,” tuturnya.

Sementara itu di tempat terpisah, ketua Aliansi Umat Islam Cianjur (AUIC), Azis Muslim kepada LINGKAR JABAR, mengatakan, adanya aturan berupa perda dianggap sangat penting sekali. “Tidak hanya berkaitan dengan ongkos naik haji saja, ternyata sebelum pemberangkatan ada biaya cek kesehatan, biaya foto, dan dana yang diambil dari APBD Cianjur, sehingga sangat perlu adanya perda,” katanya.

Kegunaan Perda tersebut menurutnya, sangat berguna bagi calon jemaah haji. “Ada perda akan memberika kejelasan masalah besarnya biaya-biaya lain, sehingga calon jama’ah haji terhindar dari pungli. Saya berharap Perda ini bisa secepatnya disahkan agar masyarakat calon jamaah haji bisa mendapatkan kepastian sekaligus merasa nyaman,” tegas Azis. RUS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger