' Gizi yang Tepat Cegah Kematian Ibu Hamil - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Gizi yang Tepat Cegah Kematian Ibu Hamil

Gizi yang Tepat Cegah Kematian Ibu Hamil

Written By dodi on Thursday, July 19, 2012 | 8:00 AM

BOGOR - Gizi yang tepat dan lengkap pada ibu hamil menjadi hal yang sangat esensial. Selain berpengaruh pada kualitas anak di masa datang, pemenuhan nutrisi juga mencegah kematian pada kehamilan atau persalinan. Menurut Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia tahun 2007, penyebab langsung kematian ibu terkait kehamilan dan persalinan adalah perdarahan (28 persen). Penyebab lain yaitu eklampsi (24 persen), infeksi (11 persen), persalinan lama (5 persen), dan abortus (5 persen).

Penyebab perdarahan yang utama adalah terkait produksi air ketuban atau ibu hamil menderita anemia atau kekurangan zat besi.
"Kehamilan, seperti halnya pernikahan, harus dipersiapkan secara matang. Terutama status gizi ibu. Jika nutrisi tidak disiapkan bahayanya pada kesehatan anak di masa depan," kata pakar kesehatan ibu dan anak, dr.Noroyono Wibowo, Sp.OG, dalam keterangan persnya, kemarin.

Ia menjelaskan, anemia juga bisa meningkatkan risiko post-partum depresi dan menurunkan tingkat kecerdasan bayi. "Ibu hamil yang kurang gizi juga menyebabkan anak lahir dengan berat badan rendah. Di kemudian hari anak ini lebih rentan terkena penyakit baik fisik maupun gangguan mental," paparnya.

Menyiapkan gizi yang cukup, menurut Noroyono, seharusnya dimulai sejak dini sampai usia reproduksi. "Sebagian besar wanita usia subur menderita kurang gizi mikro. Ini lebih berbahaya karena mereka merasa dirinya sehat tapi sebenarnya kurang gizi," katanya.

Untuk memastikan kecukupan gizi terpenuhi, dr.Samuel Oetoro, spesialis gizi, menyarankan agar setiap hari ibu hamil mengonsumsi seluruh zat gizi sesuai kebutuhan. "Ibu hamil disarankan untuk makan sedikit lebih banyak dari biasanya, tetapi harus diatur variasinya supaya kebutuhan kalori, protein, serat, vitamin dan mineralnya terpenuhi," kata Samuel dalam kesempatan yang sama.

Ibu hamil merupakan satu-satunya sumber nutrisi bagi janin. Karenanya asupan makanan calon ibu harus mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin yang sehat. CPS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger