' Geliat Taman Budaya Tanah Air - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Geliat Taman Budaya Tanah Air

Geliat Taman Budaya Tanah Air

Written By dodi on Thursday, July 5, 2012 | 8:00 AM

INDONESIA memiliki 25 taman budaya. Aktivitas di taman budaya selama ini sangat positif. Hal ini salah satu identitas bangsa Indonesia, memiliki kekayaan seni dan budaya yang bercitra adi luhur.

Sebab jika tidak ada upaya yang optimal untuk mempertahankannya, kekayaan ini bisa tergerus oleh budaya popular yang masuk ke Indonesia yang datang seolah tanpa ampun. Jawa barat merupakan salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan budaya, khususnya budaya sunda. Beragam tarian, nyanyian, seni musik sunda hadir sebagai salah satu asesoris yang berperan menambah nilai estetis dari propinsi Jawa Barat.

Taman budaya jawa barat merupakan salah satu strategi dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan propinsi Jawa Barat untuk mengkaji, mengembangkan dan mempertahankan seni budaya Jawa Barat. Taman budaya ini dikelola oleh Balai Pengelolaan Taman Budaya.

Taman Budaya ini merupakan wadah yang memfasilitasi kreasi-kreasi kesenian Jawa Barat sesuai dengan salah satu misinya yakni menggalang berbagai sektor dan potensi secara bersama-sama untuk memfasilitasi kehidupan seni dan budaya. Lokasinya pun mudah ditemukan karena terletak di daerah yang strategis dan cukup dikenal yakni di daerah sekitar dago, tepatnya di jalan Bukit Dago Selatan, Nomor 53 A.

Hal menarik di taman budaya Jawa Barat, salah satunya kesenian Bajidoran. Merupakan pertunjukkan andalan dari Taman Budaya karena pada pertunjukkan ini, penonton diajak untuk ikut berpartisipasi dalam pertunjukkan. Bajidoran ini ditampilkan rutin setiap tahun baru dan sangat mendapatkan apresiasi dari masyarakat Jawa Barat. Terbukti penonton pada pertunjukkan tersebut mencapai lebih dari 2000 penonton. Padahal kapasitas dari tempat pertunjukkan hanya 2000 penonton.

Pengelola Taman Budaya menyediakan sarana dan prasarana untuk pengembangkan dan mendukung kemajuan kebudayaan Jawa Barat yang pengadaannya dari pemerintah, di antaranya gedung Teater Tertutup, gedung Teater Terbuka, Cafetaria, Teater Taman, Galeri, Sanggar Tari, wisma seni dan gedung sekretariat.

Bahkan Balai Pengelolaan Taman Budaya menyediakan pelatihan-pelatihan bagi mereka yang ingin belajar berbagai kesenian jawa barat yang pelatihnya disiapkan oleh pihak balai.

Kekayaan budaya tersebar di 25 kab/kota se-Jawa Barat. Sebagai ilustrasi, keindahan kota Bandung dijuluki oleh Bangsa Belanda dengan sebutan Paris Van Java. Artinya budaya kita sangatlah dikagumi di dunia internasional. Bahkan Taman Budaya ini ternyata sering juga melakukan pertukaran budaya dengan beberapa kebudayaan asing seperti pusat kebudayaan Prancis atau Centre Cultural Francais (CCF), Japan Foundation dan Goethe-Institut yang ternyata sempat juga menggelar berbagai acara di bidang seni rupa, pameran, seni pertunjukan di Taman Budaya.

Terkait taman budaya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan, sebanyak 25 unit taman budaya di Indonesia, akan diaktifkan kembali untuk peningkatan kreatifitas ekonomi.

"Taman budaya di 25 lokasi akan diaktifkan kembali, yang bisa digunakan untuk pelatihan desain perhiasan mutiara atau sebagai sentra ekonomi kreatif," kata Mari, belum lama ini di Mataram.RED/FEY

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger