' FESTIVAL LAYANG LAYANG Promosi Wisata Jabar Tiada Henti - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » FESTIVAL LAYANG LAYANG Promosi Wisata Jabar Tiada Henti

FESTIVAL LAYANG LAYANG Promosi Wisata Jabar Tiada Henti

Written By dodi on Thursday, July 12, 2012 | 8:00 AM

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar West Java Kite Festival yang digelar selama dua hari di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Sebanyak 36 grup dari 12 provinsi bakal turut serta.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar, Nunung Sobari, Rabu (11/7). Peserta dari 12 provinsi yang akan berpartisipasi adalah Jakarta, Jateng, Jatim, Riau, Yogyakarta, Kaltim, Kalsel, Bali, Kalbar, Banten, Lampung dan tuan rumah Jabar. Mereka bakal menampilkan layangan hias. "Selain itu, ada pula layangan tradisional tarik ulur yang diikuti 178 peserta," kata Nunung.

Disinggung mengenai peserta dari luar negeri, Nunung mengungkapkan bahwa baru peserta dari Malaysia yang menyatakan kesediaan untuk berpartisipasi.

"West Java Kite Festival merupakan agenda tahunan Pemprov Jabar yang pada tahun-tahun sebelumnya digelar di obyek wisata Pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis. Kegiatan ini juga merupakan uji coba setelah selama ini digelar di pantai, tahun ini digelar di daerah pegunungan,"jelas Nunung.

Dikatakan, jenis layang layang yang akan dilombakan adalah layang-layang hias, tiga dimensi, dua dimensi, layang-layang rokaku challange, stund kite dan layangan kreasi. Selain itu juga dipertandingkan nomor layang-layang tradisional yakni layangan adu tarik dan layangan adu ulur. "Ini langkah promosi wisata tiada henti," katanya.

Kegiatan rencananya akan dibuka oleh Gubernur Jawa Barat, H Ahmad Heryawan. Mengangkat tema "Kite for All". Desebutkan akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya diikuti oleh para pelayang. Tahun ini lebih memperkenalkan kepada semua lapisan masyarakat bahwa layang-layang dapat dijadikan daya tarik. Aktivitas festivalnya dapat dirasakan berbagai kalangan masyarakat.

Salah satunya adalah memperkenalkan kepada anak anak SD, SLTP, dan SLTA cara dan proses pembuatan layang layang. Hal ini akan dipersembahkan di sela-sela mengisi waktu liburan sekolahnya dengan kegiatan yang positif. Kegiatan itu juga bernilai untuk ikut melestarikan tradisi masyarakat Jawa Barat.

West Java Kite Festival bakal digelar dari Sabtu (14/7) hingga Minggu (15/7). Sebelumnya, 17 negara sudah berpartisipasi dalam Bandung International Kite Festival di Pangkalan Udara Sulaiman, Kabupaten Bandung. Menurut Ketua Panitia, Liannawati Lie, pihaknya akan mengajak peserta untuk ikut serta dalam event di Kiara Payung.FER




Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger