' Ekonomi Kreatif Cirebon Mengarah ke Pariwisata - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Ekonomi Kreatif Cirebon Mengarah ke Pariwisata

Ekonomi Kreatif Cirebon Mengarah ke Pariwisata

Written By dodi on Friday, July 13, 2012 | 8:00 AM

PARIWISATA di Kabupaten Cirebon harus terus dikembangkan melalui produk wisata yang unik. Di samping itu, punya produk tradisional yang mencerminkan jati diri masyarakat Kabupaten Cirebon. Pemerintah daerah, khususnya diminta untuk secara serius menggarap bidang pariwisata ini. Yakni untuk meningkatkan pagu anggaran bagi pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Cirebon.

Hal tersebut mengemuka pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Cirebon, kemarin.

Kepala Bidang Ekonomi Bappeda kabupaten Cirebon, Kalinga, dalam kesempatan tersebut menyatakan, sektor pariwisata kabupaten Cirebon harus sejajar dengan wilayah lain yang lebih maju. “Kabupaten Cirebon mememiliki ragam dan unggulan obyek wisata. Namun belum dikembangkan secara optimal. Padahal secara geografis dan sosiologis kabupaten Cirebon mempunyai segudang wisata. Bisa dijual ke masyarakat, seperti wisata religius, wisata kuliner, wisata batik dan wahana wisata lainnya,” ujar Kalinga.

Kabupaten Cirebon juga menurut Kalinga memiliki agenda wisata lokal tahunan seperti Muludan Trusmi, pesta nadran, pesta pengantin tebu, mapag sri, dan event wisata lainnya. “Tugas kita mengembangkan dan memajukannya,” ujarnya lagi.

Menurutnya, kebijakan pemerintah daerah di bidang pariwisata meliputi tiga program, yakni program pengembangan pemasaran wisata, pengembangan destinasi pariwisata dan pengembangan kemitraan. “Sasaran pengembangan pemasaran pariwisata yakni meningkatnya jumlah kunjungan wisawatan sebanya 600.000 orang per tahun, mempromosikan potensi untuk jangkauan lokal, regional, nasional dan internasional, mempromosikan wisata melalui multi media dan mempromosikan potensi wisata secara interaktif melalui event pameran,” paparnya.

Sedangkan sasaran program pengembangan destinasi jelas Kalinga, yakni meningkatkan daya tarik obyek wisata, melestarikan potensi destinasi, obyek dan daerah tujuan wisata, budaya dan seni serta menata dan mengembangkan fasilitas di obyek dan daerah tujuan wisata.

Sementara itu, Kepala Seksi Obyek dan Promosi Wisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon, Rahmat Setia, mengakui bahwa anggaran untuk bidang kepariwisataan minim, hingga belum optimal dalam mengembangkan dan memajukan asset wisata yang ada di Kabupaten Cirebon.

Namun dirinya telah berusaha melakukan berbagai langkah seperti sosialiasi sadar wisata kepada masyarakat serta mengajukan anggaran ke pusat dan promosi. “Adanya pasar batik yang tengah di bangun di Plered, salah satunya adalah untuk memajukan batik Trusmi. Karena di situ juga akan dibangun kios batik, kios cendramata dan kuliner khas Cirebon, serta panggung pertunjukan,” paparnya.

Selain itu juga menurut Rahmat, untuk revitalisasi atau pengembangan obyek wisata Makam Sunan Gunungjati, pihaknya mengajukan bantuan dari pemerintah provinsi.

Rakor dihadiri oleh para pelaku pariwisata seperti dari perhotelan, travel, pengelola obyek wisata, pemerintah desa dan kecamatan. Beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Cirebon, organisasi pemuda Karang Taruna, dan steakholder lainnya yang terkait dunia kepariwisataan. Kegiatan rakor ini difasilitasi oleh Bappeda Kabupaten Cirebon.

Dalam rakor tersebut disepakati di antaranya perlunya penetapan kalender wisata, membentuk komunitas penggerak wisata, meningkatkan promosi wisata, dan peningkatan pelayanan publik di lokasi wisata. Tujuannya agar para wisatawan merasa nyaman seperti soal sampah, akses jalan penerangan jalan umum (PJU). Selain itu juga diharapkan seluruh komponen bersinergi berbagi peran antar pelaku wisata. Seperti pemerintah desa, pihak keamanan, pengelola obyek wisata, organisasi masyarakat, masyarakat lokal, pelaku industri kreatif, seniman, budayawan dan komponen lainnya.APP/GYO




Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger