' Duel Lawan Valencia, Timnas Tambah Jam Terbang - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Duel Lawan Valencia, Timnas Tambah Jam Terbang

Duel Lawan Valencia, Timnas Tambah Jam Terbang

Written By dodi on Tuesday, July 31, 2012 | 8:00 AM

BOGOR - Tim Nasional (timnas) Indonesia bakal memanfaatkan laga ujicoba melawan klub kuat Liga Spanyol, Valencia, dengan sebaik-baiknya. Pertandingan tersebut akan dijadikan awal persiapan menuju Piala AFF 2012. Timnas dijadwalkan menjajal kekuatan Valencia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (4/8) mendatang. Untuk laga ini, yang akan turun adalah timnas senior. Meski sadar lawan punya kualitas yang jauh lebih baik, timnas menjanjikan perlawanan maksimal untuk sebagai pengalaman bertanding.

"Tim ini (Valencia) punya kualitas dan prestasi yang jauh di atas kita. Kita berharap bisa belajar bagaimana bermain sepakbola yang ideal seperti klub-klub besar Eropa," ungkap Sekjen PSSI, Tri Goestoro, dalam keterangan persnya kepada wartawan, Senin (30/7).
"Dengan pengalaman selama ini, saya yakin timnas tak akan mengecewakan dan tim kita akan memberikan perlawanan," tuturnya.

Tri menambahkan, pertandingan melawan Valencia merupakan awal dari persiapan timnas untuk Piala AFF yang akan dihelat di Malaysia dan Thailand, November-Desember mendatang. "Tim kita sedang mempersiapkan diri untuk Piala AFF. Ini bagian dari persiapan untuk ke sana, Ini jadi starting point untuk Piala AFF. Kebetulan ketemunya langsung tim besar," ujar Tri.

Saat ditanya soal keterlibatan pemain-pemain Indonesian Super League (ISL) dalam laga ini, Tri memberikan jawaban diplomatis.
"Untuk timnas yang akan turun pelatih yang menentukan. Yang jelas, yang akan turun adalah para pemain terbaik, dalam rangka persiapan Piala AFF. Pemain terbaik yang ada di Indonesia akan kita panggil untuk menghadapi Valencia," kata mantan manajer klub Bandung Raya tersebut.

Sementara itu, keinginan supaya tim nasional Indonesia juga diperkuat pemain yang bermain di Indonesian Super League (ISL) kembali coba diakomodir PSSI untuk menghadapi Piala AFF 2012. Koordinator Timnas Bob Hippy menjanjikan ada 6-7 pemain klub ISL yang akan dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan timnas, di antaranya Bambang Pamungkas, Firman Utina, dan Ahmad Bustomi.

"Mulai hari ini semua pemain telah dipanggil. Baik IPL maupun ISL. Ada enam sampai tujuh pemain ISL juga dipanggil seperti Firman, Bambang dan Bustomi. Kemungkinan yang lain akan bertambah nanti," ujar Bob. Sebenarnya hampir di setiap pembentukan timnas PSSI menyatakan memanggil pula pemain-pemain ISL. Namun sejauh ini baru tiga yang berhasil, yaitu Oktovianus Maniani, Titus Bonay, dan Patrich Wanggai. Itu pun karena mereka "mbalelo" dari klubnya yang tidak mengizinkan.

Bob menambahkan, kali ini pihaknya juga sudah melakukan pendekatan dengan pemain-pemain ISL yang mereka bidik, serta dengan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI). "Kami sudah bertemu dengan APPI dan mereka setuju. Karena kompetisi juga sudah berakhir. Kita lihat saja nanti saat melawan Valencia (4 Agustus--Red). Karena mereka juga kami undang. Kalau mereka datang, semua akan lebih mudah. Saya harap klub-klub ISL memperbolehkan pemainnya membela timnas. Hingga saat ini, kami terus berupaya mendekati klub-klub," tukas dia.

Dari sekian kali pemanggilan pemain klub ISL ke timnas oleh PSSI, kubu KPSI yang dipimpin La Nyalla Mattalitti selalu meminta klub-klub ISL tidak melepas pemain-pemainnya tersebut. Piala AFF 2012 akan digelar di Malaysia dan Thailand dari 24 November sampai 22 Desember. Di babak awal Indonesia segrup dengan Malaysia, Singapura, satu tim babak kualifikasi yang belum ditentukan. COK
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger