' Dua Karyawan PDJT Ikut Pelatihan "Smart Drive" - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Dua Karyawan PDJT Ikut Pelatihan "Smart Drive"

Dua Karyawan PDJT Ikut Pelatihan "Smart Drive"

Written By dodi on Tuesday, July 24, 2012 | 8:00 AM

BOGOR (LJ) - Dua orang pejabat dari Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT), milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, telah mengikuti "Smart Drive" yaitu cara mengemudi yang cerdas, yang digelar oleh Departemen Perhubungan Pusat, di Tegal, Jawa Tengah (Jateng) beberrapa waktu lalu.

"Mereka kami kirimkan untuk mengikuti pelatihan selama tiga hari, sejak tanggal 18 s/d 21 Juli 2012. Dengan harapan, dapat mengimplementasikan pengetahuannya kepada para juru mudi, kondektur dan kru Bus Trans Pakuan," ucap, Direktur Utama, PDJT, Jonathan Nugraha, kepada LINGKAR JABAR, Senin, (23/7) di Kantornya.

Kedua pejabat yang mengikuti pendidikan "Smart Drive" yaitu kasubag operasional, Jatmiko dan koordinator lapangan, Karya Buhara. Nantinya, dapat menjadi pembimbing (tutor) kepada seluruh krue PDJT. "Sehingga, armada kita memiliki skill saat mengoperasionalkan kendaraan," jelasnya.

Selama mengikuti pendidikan lanjut Jonathan, mereka mendapat pengetahuan tentang permesinan, teknik berkendara dan perawatan mobil yang benar, termasuk mensiasati pemakaian bahan bakar kendaraan yang hemat dan ramah lingkungan. Dia mencontoh, ketika kendaraan sedang dalam masa tunggu, kondisi mesin tidak pada posisi hidup tapi harus dimatikan.

Begitu pula, saat kendaraan hendak dijalankan, maka pengemudi tak perlu harus memanasi mesin sebagaimana pola selama ini dipakai. "Kita tidak perlu harus memanasi mesin sampai memakan waktu 10 menit, tidak perlu lagi pola ini dipakai. Kendaraan bisa langsung dijalankan, dengan syarat kendaraan tidak langsung digeber dengan kecepatan tinggi melainkan dijalankan secara perlahan agar kondisi mesin normal," jelas Jonatahan.

Dengan cara begitu lanjut dia, kita bisa menghemat pengeluaran bahan bakar. Sebab kenapa, karena mesin otomotif keluaran tahun 2000-an, memang tidak lagi memerlukan pemanasan, setelah di stater bisa langsung dijalankan. "Hal-hal pengetahuan semacam ini, baru kita ketahui setelah mendapat pendidikan di Tegal," kata Jatmiko.ALI

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger