' DPRD Purwakarta Dukung Mobil Dinas Ditertibkan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » DPRD Purwakarta Dukung Mobil Dinas Ditertibkan

DPRD Purwakarta Dukung Mobil Dinas Ditertibkan

Written By dodi on Thursday, July 5, 2012 | 8:00 AM

KAB.PURWAKARTA (LJ) – Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta Ucok Ujang Wardi menyatakan, pihaknya sangat mendukung surat edaran yang dikeluarkan oleh Pemkab Purwakarta. Terkait penertiban kendaraan operasional dinas yang menggunakan plat nomor hitam. Soalnya hal itu dinilai tidak mencerminkan pencitraan baik di kalangan eksekutif maupun legislatif.

“Kami sangat mendukung surat edaran yang ditandatangani Sekda Purwakarta terkait penertiban kendaraan operasional dinas yang menggunakan plat nomor hitam,” kata Ucok Ujang Wardi kepada LINGKAR JABAR di gedung DPRD Purwakarta, Rabu (4/7) sambil menambahkan, pihaknya juga akan melakukan pmbenahan dilingkungan DPRD.

Dikatakan, kendaraan operasional dinas tidak semuanya bisa menggunakan plat nomor hitam, kecuali pejabat tertentu sesuai dengan ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan. Kalau ada pejabat atau anggota Dewan yang menggunakan kendaraan operasinal dinas dengan plat nomor hitam, sama dengan tidak bisa membangun pencitraan.

Maka menurut Ucok Ujang sangat wajar, jika masyarakat menyoroti kendaraan dinas yang memakai plat nomor hitam. Sebab tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Karenanya, dirinya akan melakukan pembenahan di lingkungan DPRD Purwakarta. Harapannya kendaraan dinas tidak menggunakan plat nomor hitam.

Meskipun sampai saat ini Dewan belum mengetahui dan belum menerima surat edaran yang dikeluarkan oleh Sekda Purwakarta Drs Dadan Koswara, namun dirinya sangat mendukung. Secara bertahap akan terus melakukan penertiban terhadap kendaraan-kendaraan  dinas yang ada di sekretariat dewan.

Diakui Ucok, perlu waktu untuk menertibkannya. Tapi dewan bertekad melakukan pembenahan mulai dari Badan Legislatif (Baleg) hingga ke Komisi. Sebab plat nomor kendaraan dinas sudah ada ketentuan dan aturannya. Itu artinya, siapapun yang menggunakan kendaraan dinas, harus taat azas termasuk DPRD.

Menyoal sanksi terhadap anggota Dewan yang masih menggunakan kendaraan dinas berplat nomor hitam, Ucok Ujang Wardi menyatakan bahwa sanksinya ya moral. Sebab siapapun yang menggunakan kendaraan dinas harus bisa menciptakan pencitraan, dan tidak menjadi sorotan masyarakat karena tidak memberikan contoh yang baik.

Seperti diketahui, Pemkab Purwakarta melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Dadan Koswara telah menerbitkan surat edaran Nomor 024/1359/DPKAD tentang penertiban plat nomor kendaraan dinas. Dikeluarkan tanggal 31 Mei 2012. Surat edaran tersebut sebagai upaya tertib adminsitrasi dan penggunaan barang milik daerah, terutama kendaraan dinas operasional.

Surat yang ditandatangani Sekda Dadan Koswara untuk para kepala OPD tersebut menekankan, agar para Kepala OPD selaku pengguna barang dapat memberikan sikap tauladan bagi masyarakat. Memanfaatkan fasilitas kendaraan dinas operasionalnya sesuai ketentuan dan peruntukannya serta tidak menggunakan plat nomor yang tidak terdaftar (hitam).

Kendati tidak dituliskan sanksi dalam surat edaran dimaksud, namun secara tegas melarang setiap OPD menggunakan plat nomor kendaraan dinas operasional yang berada dalam penguasaan OPD-nya, menggunakan plat nomor hitam.YAS




Keterangan foto : Ucok Ujang Wardi
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger