' Disnakkan Kab. Bandung Cegah KHV, Lakukan Karantina - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Disnakkan Kab. Bandung Cegah KHV, Lakukan Karantina

Disnakkan Kab. Bandung Cegah KHV, Lakukan Karantina

Written By dodi on Tuesday, July 10, 2012 | 10:27 AM

KAB. BANDUNG,(LJ)-Ikan mas merupakan komoditas utama budidaya ikan air tawar yang memberikan sumbangan besar bagi pemenuhan kebutuhan protein hewani bagi masyarakat. Sedangkan koi merupakan komoditas ikan hias yang memiliki nilai ekonomis tinggi.     Untuk itu, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bandung mengimbau peternak dan pembudi daya ikan mas untuk segera memberikan vaksin. Hal itu harus segera dilakukan karena Koi Herpes Virus (KHV) kerap menyerang di musim kemarau seperti sekarang ini.
    “Virus yang pernah mewabah pada tahun 2002-2003 ini makin mudah menyerang ikan mas. Ikan mas yang terjangkit virus ini kemudian akan menampakkan gejala-gejala seperti nafsu makan berkurang, warna sisik pucat, beberapa bagian tubuh terluka, dan megap-megap karena kekurangan oksigen. Gangguan pada pengambilan oksigen ini yang kemudian mengakibatkan ikan mati," kata Kepala Bidang Perikanan Disnakkan Kab. Bandung  Diar Hadi Gusdinar, di Soreang Kabupaten Bandung, kemarin
    Menurutnya, dalam jangka waktu 2-3 hari, ikan mas yang terserang virus ini akan mati. Kematian juga akan diikuti ikan mas lain di kolam yang sama. Jika sudah ada ikan dengan tanda-tanda KHV, maka harus dipisahkan agar tidak menular kepada ikan lainnya. "Kami sudah mendapat informasi adanya ikan yang terjangkit KHV, tapi belum jelas lokasinya di mana. Hanya biasanya sedikit ikan yang terkena KHV.Untuk mencegah terjangkitnya KHV, biasanya sejumlah peternak melakukan tindakan karantina. Metode ini paling sering digunakan untuk menghindari masuknya KHV ke dalam populasi ikan,” tandasnya (FEN)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger