' Disnakan Sosialisasikan Program CBIB - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » , » Disnakan Sosialisasikan Program CBIB

Disnakan Sosialisasikan Program CBIB

Written By dodi on Monday, July 16, 2012 | 5:43 AM

KAB.BANDUNG,(LJ)- Dalam rangka meningkatkan pengetahuan serta sumberdaya daya manusia khususnya yang berhubungan dengan perikanan dan pembudidaya ikan, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bandung, telah menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan cara budidaya ikan yang baik (C B I B).
    “Pelatihan didasarkan pada potensi dan tingkat pemanfaatan lahan budidaya ikan, khususnya daerah-daerah yang merupakan sentra produksi perikanan budidaya. Hal ini sangat penting mengingat kegiatan usaha budidaya ikan air payau dan tawar sampai saat ini masih merupakan salah satu kegiatan aquabisnis di Kabupaten Bandung yang memberikan harapan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, pendapatan asli daerah dan devisa Negara,” kata  Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan Dinas Perikanan dan Peternakan Kab. Bandung,  Diar Hadi Gusdinar, kepada LINGKAR JABAR, di Soreang Kabupaten Bandung. 
    Menurutnya, CBIB ini bertujuan antara lain sebagai berikut, sebagai forum transfer teknologi budidaya, khususnya bagi komoditas unggulan termasuk udang windu dan vaname, memberikan pemahaman akan pentingnya melakukan produksi yang ramah lingkungan serta sesuai kaidah cara budidaya ikan yang baik,memperoleh masukan dari pembudidaya dan tenaga teknis lain tentang teknologi budidaya yang sedang dikembangkan dalam meningkatkan produksi,dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta sikap pembudidaya dalam mengelola usahanya, terutama kegiatan pengelolaan input produksi budidaya perikanan.
    “Dalam program CBIB ini, Disnakan Kabupaten Bandung, memberikan materi pelatihan tersebut. Beberapa materi yang diberikan pada pelatihan ini adalah pengendalian sistem manajemen keamanan pangan, pedoman dan cara penilaian CBIB, mekanisme sertifikasi CBIB, Teknik Audi (ISO 19011), dan Workshop pembuatan sistem mutu pada unit budidaya ikan,“ terangnya. 
    Sementara itu, Kepala Disnakan Kabupaten Bandung, Hermawan, mengatakan, pada saat pelatihan dilaksanakan banyak waktu yang dimanfaatkan untuk berdiskusi baik mengenai materi yang di pelatihankan maupun kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembudidayaan.
    Pelaksanaan pelatihan, lanjut Hermawan, cara budidaya ikan yang baik diharapkan merupakan penerapan CBIB seperti ini akan dapat mempengaruhi tipologi usaha berproduksi dan perolehan margin atau keuntungan pembudidaya  yang makin meningkat, akibatnya penurunan penggunaan komponen saran produksi yang merupakan dasar pengorbanan biaya terbesar dalam setiap proses pembudidayaan ikan. (FEN)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger