' Dinsos Buat Posko Pantau Anjal & Gepeng - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » , » Dinsos Buat Posko Pantau Anjal & Gepeng

Dinsos Buat Posko Pantau Anjal & Gepeng

Written By dodi on Friday, July 20, 2012 | 4:11 PM

BANDUNG (LJ)- Kemajuan Kota Bandung saat ini, menjadikan daya tarik bagi kaum urban untuk mengadu nasib ke ibu kota provinsi Jawa Barat ini.Akibatnya, berbagai permasalahan sosial ikut mengiring kemajuan itu, seperti tingginya angka pengangguran, maraknya anak jalanan dan gelandangan dan pengemis (gepeng).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung Siti Masnun melalui Kasi Tunas Sosial Tjutju Surjana mengatakan saat ini jumlah anak jalanan (anjal) serta gelandangan dan pengemis (gepeng) sudah mengalami peningkatan meski belum signifikan.Untuk mengawasi membeludaknya jumlah anjal dan gepeng di Kota Bandung, Dinsos sudah mendirikan posko pemantauan di sejumlah titik,jelasnya kepada wartawan di Balai Kota Bandung jalan Wastukencana no 2 Kota Bandung, Kamis (19/7).

Menurutnya dari hasil pantauannya, jumlah anjal dan gepeng memang meningkat, tapi belum signifikan, tetapi memasuki bulan Ramadhan ini, biasanya jumlah anjal dan gepeng di Kota Bandung meningkat antara 5-10%. Kebanyakan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) itu berasal dari luar kota Bandung."Malam Lebaran nanti, kenaikannya bisa sampai 50%," jelas Tjutju.

Ditambahkannya saat ini, Dinsos sudah stand by di lima posko yang didirikan. Dinsos sejak pekan lalu sudah mulai melakukan pemantauan keberadaan anjal dan gepeng. "Yang di Dago, jumlahnya memang berkurang karena sudah ada posko pemantau, tetapi di daerah lain seperti posko pemantau di Laswi, Gatot Subroto, dan Pasirkoja jumlahnya tetap meningkat. Sayangnya kami belum bisa mengambil tindakan represif,"ujarnya.

Posko pemantauan, katanya, baru didirikan sehingga Dinsos baru bisa melakukan pendataan dan pendekatan saja kepada anjal dan gepeng. "Nanti kalau mereka tidak mengubris imbauan kami, baru dilakukan razia,"tandas Tjutju.(FER)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger