' Diani Ujuk Gigi Soal Silva APBD tahun 2011 - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Diani Ujuk Gigi Soal Silva APBD tahun 2011

Diani Ujuk Gigi Soal Silva APBD tahun 2011

Written By dodi on Tuesday, July 10, 2012 | 10:56 AM

BOGOR (LJ) - Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Kota Bogor, tahun 2011 lalu. Walikota Bogor, Diani Budiarto, akhirnya unjuk gigi, dalam menyampaikan tanggapan fraksi-fraksi DPRD Kota Bogor, yang dipimpin Ketuanya Mufti Faoqi, di Gedung DPRD, Jalan Kapten Muslihat Kecamatan Bogor Tengah, Jawa Barat, Senin (9/7).
    Agenda Sidang kali ini, merupakan lanjutan dari sidang paripurna satu minggu sebelumnya, yang menyampaikan Laporan Keuangan tahun 2011. Sidang dihadiri segenap unsur di lingkungan Pemerintah Kota Bogor. 
    Salah satu penjelasan Walikota Bogor kepada DPRD dalam sidang tersebut mengenai catatan atau rekomendaasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang harus ditindak lanjuti dalam tempo 60 hari. Selain itu juga penjelasan tentang Sisa lebih Perhitungan Anggaran (Silva) APBD tahun 2011.
    Mengenai adanya catatan atau rekomendasi BPK yang harus ditindaklanjuti dalam tempo 60 hari kerja, dijelaskan Diani, bahwa sebagian besar dari rekomendasi tersebut sudah diindaklanjuti. “Laporan keuangan tahun 2011 Pemerintah Kota Bogor yang dibahas merupakan laporan yang sudah diaudit oleh BPK dan sudah memperoleh opini. Jadi,  pada dasarnya pengelolaan anggaran tahun lalu telah berlangsung sesuai standar sistem pengelolaan keuangan daerah berdasar undang-undang yang berlaku, “urainya.
    Tentang jumlah Silpa (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran)  yang cukup besar pada tahun anggaran 2011, Diani menjelaskan,  SILPA untuk menyikapi anggaran yang tidak terserap di kemudian hari.
    Oleh karena itu, lanjutnya, semua pihak diharapkan bisa bersikap lebih menghormati dan konsisten dalam hal mengacu pada KUA PPAS (Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Perencanaan Anggaran Sementara) yang sudah disepakati bersama.  Sebab, hal itu diperlukan karena KUA PPAS merupakan kesepakatan tentang kebijakan yang akan dipergunakan untuk mengelola APBD, yakni mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai pertanggungjawaban.
    Selanjutnya, kata Diani, tindakan yang perlu dilakukan adalah dengan meniadakan anggaran untuk kegiatan-kegiatan pembangunan fisik yang diajukan saat perubahan APBD.  Hal ini menurutnya, dikarenakan waktu yang tersedia untuk melaksanakan anggaran pembangunan fisik pada APBD Perubahan sangat terbatas.
*Silpa Rp 137 miliar#
    Sebelumnya saat menyampaikan Raperda pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun 2011, Walikota Diani Budiarto menjelaskan, soal Silpa APBD tahun 2011. Ia menjelaskan, dalam cacatan arus Kas tahun 2011, terdapat sisa kas pertanggal 31 Desember sebesar Rp137.839.305.116,- “Jumlah tersebut mengalami kenaikan 29,14 persen, jika dibandingkan sisa kas per 31 Desember 2010 lalu  yang waktu itu tercatat berjumlah Rp 97.668.743.469,"jelasnya. ALI
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger